Kecepatan Vettel Mengagumkan

Minggu, 17 November 2013 – 16:26 WIB

AUSTIN - Sebastian Vettel menunjukkan potensinya untuk menguasai Grand Prix Amerika Serikat di Circuit of the Americas (COTA). Dalam sesi latihan Jumat waktu setempat (dini hari) WIB, Sabtu (16/11), dia menunjukkan kecepatan yang mengagumkan.
    
Dengan hanya berkeliling lintasan 35 lap, paling sedikit di antara pembalap lain, Vettel membukukan catatan waktu 1 menit 37,305 detik. Dia unggul 0,115 detik dari rekan setimnya Mark Webber. Nico Rosberg (Mercedes) yang  tercepat ketiga terpaut cukup jauh, 0,480 detik.

Tidak hanya tecepat dalam sesi latihan, catatan Vettel itu meruntuhkan rekor best lap di COTA yang sebelumnya dia bukukan pada 2012. Saat itu dia membukukan 1 menit 39,347 detik. Artinya, Vettel mempertajam rekor atas namanya sendiri nyaris dua detik!

BACA JUGA: Daud Fokus Sparring


Dalam sesi latihan pagi hari, Vettel belum unjuk gigi. Beberapa kali penundaan karena kabut tebal yang mengganggu penerbangan helikopter medis menjadi penyebabnya. Pembalap Ferrari Fenando Alonso menjadi yang tercepat pada sesi pagi hari. Namun, pada sesi kedua, Alonso hanya mampu tercepat kesepuluh. Terpaut 1,156 detik dari Vettel.

Melihat kecepatan Vettel, sepertinya pembalap Red Bull-Renault itu akan menambah panjang deretan kemenangan beruntunnya. Sebelumnya, dia sudah membukukan tujuh kemenangan beruntun untuk menymai rekor Michael Schumacher.

BACA JUGA: Persiba Jajaki Striker Lokal

Dengan dua lomba tersisa, Vettel berpeluang menyamai rekor Schumacher lainnya. Yaitu kemenangan terbanyak dalam satu musim, 13 kali. Sampai seri di Abu Dhabi, Vettel sudah membukukan sebelas kemenangan.
    
"Lintasan cukup licin. Namun, lintasan akan lebih baik pada sesi-sesi selanjutnya asalkan tidak turun hujan," kata Vettel. "Ferrari terlihat cepat di pagi hari. McLaren, Lotus, dan Mercedes juga akan kuat disini," lanjutnya.
    
Meski terpaut jauh dari Vettel, Alonso tidak terlalu khawatir. Yang terpenting bagi dia adalah tidak merasakan masalah pada punggungnya. Dia harus menjalani pemeriksaan medis sebelum tampil di COTA karena cedera punggung akibat kecelakaan di Abu Dhabi.       
    
"Punggung saya baik-baik saja. Saya bisa membalap seperti biasa," kata Alonso di hospitality Ferrari. "Tahun ini kondisi lintasan lebih baik daripada tahun lalu. Kita lihat saja apa yang akan terjadi besok (kualifikasi) dan Minggu (race)," lanjutnya.
    
Sementara itu, Heikki Kovalainen menunjukkan kecepatan luar biasa. Baru kali pertama naik mobil Lotus-Renault, dia membukukan catatan waktu tercepat kelima dengan terpaut 0,768 detik dari Vettel. Sebagaimana diketahui, Kovalainen dipilih Lotus untuk menggantikan Kimi Raikkonen yang menjalani operasi punggung.
    
Jika Kovalainen mampu mempertahankan kecepatannya sampai lomba, maka itu akan sangat berguna bagi perjuangan Lotus untuk memperbaiki peringkatnya di klasemen konstruktor.
    
Sebelumnya, pembalap kedua Lotus, Romain Grosjean tampil hebat dengan tiga kali naik podium dalam empat lomba terakhir. Artinya, jika Kovalainen menunjukkan daya saing sebaik Grosjean, Lotus bisa mendapatkan tambahan poin signifikan untuk mengejar Mercedes dan Ferrari yang menduduki peringkat kedua dan ketiga klasemen konstruktor.
    
Balapan GP Amerika akan diselenggarakan nanti malam, Senin dini hari nanti (WIB). Meski Vettel sangat cepat, bukan tidak mungkin dia harus berjuang habis-habisan saat lomba. Tahun lalu saja, memimpin lomba nyaris sepanjang lomba, tapi akhirnya harus puas finis kedua setelah disalip Lewis Hamilton 14 lap menjelang finis. (jp)

 

BACA JUGA: Prancis di Ujung Tanduk, Media Mencela

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bukan Salah Debutan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler