Kehilangan Komodo, Wali Kota Surabaya Lapor Ke KPK

Senin, 20 Januari 2014 – 11:24 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memenuhi janjinya untuk datang ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (20/1). Tujuan kedatangannya untuk melaporkan kisruh pengelolaan satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS).

"Begini, KBS itu dulu dikelola oleh perkumpulan Taman Satwa, nah kalau ada kematian wajar, tapi tidak pernah ada yang hilang di kebun binatang kami. Setelah era terakhir, kami kehilangan 420 binatang langka," kata Risma.

BACA JUGA: Datangi KPK, Athiyyah Bawakan Berkas PPI untuk Anas

Risma mengaku, belum bisa menentukan nilai kerugian dari kehilangan binatang langka itu. Namun, dia menyebut binatang langka yang hilang diantaranya Komodo dan Jalak Bali.

"Jalak Bali itu kecil sekitar Rp 50-100 juta. Kalau 50 ekor berapa? Komodo Rp 600-900 juta, ada dua hilang. Komodo, Jalak Bali yang masuk dalam perlindungan binatang yang dilindungi negara. Itu yang malah paling banyak hilang," ujar Risma.

BACA JUGA: Besok Capres Konvensi Start Debat

Menurut Risma, pihaknya baru mengetahui adanya kehilangan binatang langka itu setelah Pemerintah Kota Surabaya mengambil alih KBS.

Setelah itu, kata Risma, pihaknya menemukan ada mobil dan bangunan. Sehingga muncul indikasi binatang langka itu dipertukarkan dengan barang tersebut. Padahal, kata Risma itu jelas-jelas melanggar aturan.

BACA JUGA: Sarankan Jokowi Fokus Dulu Urus DKI

Risma mengaku akan menyampaikan data mengenai pertukaran binatang itu kepada KPK. "Disampaikan aturannya pertukaran dengan binatang. Ini yang akan saya sampaikan ke KPK," pungkasnya. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nazar Sebut Anas Terlibat Belasan Proyek


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler