Kelebihan Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae Yong Dibongkar 2 Pengamat Sepak Bola

Selasa, 21 Desember 2021 – 15:12 WIB
Para pemain timnas Indonesia saat laga melawan Malaysia di matchday terakhir fase grup Piala AFF 2020. Foto: AFFSuzukiCup.

jpnn.com, JAKARTA - Performa timnas Indonesia di Piala AFF 2020 bisa dikatakan cukup menjanjikan.

Selama menjalani empat laga Grup B, tim asuhan Shin Tae Yong itu bermain atraktif sehingga lolos ke semifinal dengan status juara grup.

BACA JUGA: Profil Ikhsan Fandi, Bomber Singapura yang Punya Kedekatan dengan Indonesia

Dua pengamat sepak bola nasional, yakni Weshley Hutagalung dan Ma'ruf El Rumi sepakat menyebut keberhasilan itu merupakan buah kerja keras Evan Dimas dan kolega.

Pada era Shi Tae Yong, pada awalnya timnas Indonesia diragukan oleh beberapa pecinta sepak bola karena permainan skuad Garuda yang kurang menyakinkan, dan cenderung monoton.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Moncer di Piala AFF 2020, Pedagang Jersei Ketiban Untung, Omzet Menggila

Namun, di Piala AFF 2020, pelatih asal Korea Selatan itu membuktikan bahwa timnas Indonesia bisa berbicara banyak di turnamen internasional.

Kini, penggemar sepak bola kembali melirik kiprah timnas Indonesia yang dinilai bermain efektif.

BACA JUGA: 2 Wajah Berbeda Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Hati-Hati Jadi Bumerang

"Melihat perkembangan timnas di bawah asuhan Shin Tae Yong, saya rasa mulai membaik seusai tampil di Kualifikasi Piala Dunia."

"Saya memberikan apresiasi untuk seluruh pemain yang mau mengadaptasi strategi STY dengan baik sehingga mendapat hasil yang positif di fase grup," ungkap Weshley saat dihubungi oleh JPNN.com

Senada dengan Weshley, pengamat sepak bola sekaligus komentator Ma'ruf El Rumi juga mengatakan hal yang sama.

Pria yang akrab disapa Bung Ma'ruf itu menilai Shin Tae Yong merupakan pelatih yang kaya taktik.

Bermaterikan pemain muda, pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mendapat kemewahan dari darah segar yang tersedia di timnas Indonesia.

Tidak heran, selama Piala AFF 2020, Shin Tae Yong kerap menurunkan komposisi pemain yang berbeda dari satu laga ke laga lainnya.

Hal ini membuat lawan tidak bisa menebak arah strategi yang akan dimainkan skuad Merah Putih pada setiap pertandingan.

"Shin Tae Yong tahu kebutuhan timnya, siapa yang akan dia turunkan. Selama ini kalau kita punya nama besar, biasanya mengisi starting line up, tetapi sekarang di era STY beberapa nama baru bermunculan," ungkap Ma'ruf.

Setelah lolos dari fase grup, Indonesia kini tengah bersiap menantang Singapura selaku runner up Grup A di semifinal Piala AFF 2020.

Babak empat besar ini akan berlangsung dalam dua leg.

Duel pertama akan berlangsung pada Rabu (22/12) malam pukul 19:30 WIB, dan leg kedua digelar Sabtu (25/12) di jam yang sama.(mcr16/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler