Kelompok Teror Tanam Bom Ranjau di Pegunungan Poso

Senin, 29 Oktober 2012 – 21:12 WIB
JAKARTA - Tim gabungan TNI dan Detasemen Khusus 88 Antiteror menemukan dua bahan peledak yang dijadikan ranjau di lereng Gunung Biru, Poso, Sulawesi Tengah, Minggu (28/10) malam pukul 20.30 WITA. Bom ranjau itu diduga sengaja diletakkan untuk menghalangi penyisiran tim gabungan terhadap pelaku teror di Poso.

"Dua bom rakitan di Gunung Biru sudah diurai oleh tim penjinak bom kita. Saat ini diamankan Tim Puslabfor. Di sana lengkap, ada detonator dan bahan campuran rakitannya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar dalam jumpa pers di kantor Divisi Humas, Jakarta Selatan, Senin, (29/10).

Hari sebelumnya, Sabtu (27/10) tim gabungan juga menemukan bom rakitan di tempat yang sama saat penyisiran. Bom itu sudah diurai di posko petugas di Dusun Tamanjeka.

"Kita terus telusuri tempat tersebut. Tapi memang perlu kehati-hatian karena banyak ranjau-ranjau seperti itu," pungkas Boy.

Seperti diketahui Gunung Biru diduga sebagai tempat latihan teror dan militer kelompok yang diduga teroris di Poso. Lokasinya 11 kilometer dari kota Poso. Kelompok teror itu diduga juga meminta dukungan warga dalam menjalankan aksi mereka.

Polisi menduga, mereka pun merekrut warga agar terlibat dalam aksi itu. Oleh karena itu, polisi meminta warga Poso tidak terpengaruh terhadap ajakan-ajakan demikian, melainkan membantu polisi membeku kelompok tersebut.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Desak Polri Usut Permainan Oknum Bank Century di Kasus Antaboga

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler