Kelulusan CPNS di Jawa Lebih Tinggi Dibanding Daerah Lain

Sabtu, 14 Oktober 2017 – 09:58 WIB
Menpan-RB Asman Abnur. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Persentase kelulusan Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi CPNS tahun 2017 di Pulau Jawa lebih tinggi dibandingkan daerah Sumatera dan lainnya.

Hal itu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur saat menjadi pembicara utama dalam konferensi internasional ekonomi bisnis, akuntansi dan ilmu social, di aula Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar, kemarin, (13/10).

BACA JUGA: Instansi tak Setor Data PNS Bakal Kena Sanksi

“Di Yogyakarta tingkat kelulusan CPNS mencapai 24 persen. Sedangkan di Sumbar hanya berkisar 4 persen. Untuk Aceh 3 persen dan Papua 1 persen. Tampak sekali beda mutu pendidikan kita di masing-masing wilayah,” kata Asman Abnur.

Kesimpulan itu didapatkannya setelah memantau pelaksanaan ujian TKD di 14 Kantor Wilayah Badan Kepegawaian Nasional (BKN) se-Indonesia.

BACA JUGA: Tes CPNS Kemenkumham Lancar, Yasonna Apresiasi CAT BKN

“Bila dirata-ratakan, tingkat kelulusan ujian TKD di Pulau Jawa sekitar 14 persen, Sumatera 4 persen dan kawasan timur 2-3 persen,” ujar Asman.

Disebutkan juga, minat lulusan perguruan tinggi menjadi PNS masih tinggi sekali. Untuk peminat CPNS Kemenkum HAM mencapai 1,3 juta pelamar untuk 17 ribu lebih formasi. Begitu pun peminat hakim MA mencapai 30 ribu orang, dengan formasi yang disiapkan 1.600.

BACA JUGA: Kemenkeu Jadi Rekrut 7000 PNS? Ini Kata Menpan

Merujuk realita itu, Asman meminta seluruh PTN/PTS di Sumbar dan daerah lain, segera melakukan evaluasi. Serta, kajian tentang pendidikan agar melahirkan lulusan berdaya saing tinggi.

“Cari masalahnya di mana, lalu evaluasi. Guru atau dosen kah yang harus dievaluasi atau masalah kurikulum. Bisa juga soal sarana dan prasarana yang kurang mendukung, atau jam mengajar juga perlu dievaluasi. Kalau tidak bergerak cepat, hasilnya justru akan semakin buruk,” katanya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap seluruh civitas akademika di Sumbar menyadari hal ini. Sekaligus melakukan evaluasi terhadap sistem pendidikan perguruan tinggi khususnya di Sumbar.

“Semoga hasil kelulusan CPNS yang hanya mencapai posisi 4 besar ini, bisa melecut semangat perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Termasuk, menggelar kerja sama dengan kampus luar negeri,” sebutnya.

Irwan mengapresiasi apa yang dilakukan Unidha dengan menjalin kerja sama dengan Universiti Selanggor (Unisel).

“Di samping meningkatkan kualitas dan mengembangkan diri, perguruan tinggi perlu lebih banyak menjalin kerja sama dengan luar negeri. Jangan seperti katak dalam tempurung,” ujar dia. (rdo/rch/cr26)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arsiparis Kurang, Pemerintah Bakal Buka Politeknik Kearsipan


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler