Kelulusan UN SMA di Riau Capai 99,93 Persen

Jumat, 24 Mei 2013 – 16:40 WIB
PEKANBARU - Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/Sederajat 2013 diumumkan Jumat (24/5) hari ini. Rekapitulasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada 2.678.575 siswa dinyatakan lulus ujian. Sedangkan 8.851 siswa lainnya divonis gagal atau tidak lulus.

Khusus Riau, berdasarkan data yang dipaparkan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Kamis (23/5) petang, secara keseluruhan jumlah siswa Riau yang lulus mencapai 99,93 persen atau 0,07 persen tidak lulus. Untuk tingkat SMK, persentase kelulusan 99,95 persen, naik 0,05 persen dibanding tahun lalu dengan kisaran 99,91 persen.

Sementara tingkat SMA/MA, Disdik Riau mempersentasekan berdasarkan penjurusan. Jurusan IPA tingkat kelulusan 99,95 persen, lebih tinggi dibanding IPS yang 99,28 persen. Tahun lalu tingkat kelulusan SMA/Ma digabung untuk penjurusan dengan persentase 99,89.

Kepala Disdik Riau HM Wardan menyatakan, secara umum persentase kelulusan meningkat dibanding tahun lalu. Ia berharap seluruh kabupaten/kota agar melakukan penelaahan dan diteliti lagi hasil ujian serta difotokopi sebagai arsip.

‘’Kalau ada kerancuan terkait hasil kelulusan harus diteliti lagi. Disdik sepenuhnya memberikan keleluasaan kepada kabupaten/kota dalam mengumumkan hasil ini, apakah pagi, siang atau sore, yang jelas harus di 24 Mei,’’ imbaunya jelang penyerahan hasil UN SMA sederajat kepada perwakilan Disdik kabupaten/kota di Aula Disdik Riau, kemarin.

Terkait jumlah siswa Riau yang tidak lulus, Disdik Riau belum mau memberikan angka pasti, hanya menyebutkan angka 0,07 persen. Wardan menceritakan, hasil akhir UN diterima Sekretaris Disdik, Abdul Kadir yang mengambil langsung ke Jakarta kemarin pukul 03.05 WIB dan paginya langsung dibawa ke Pekanbaru dalam kondisi mentah.

‘’Kita terima belum di amplop dan belum disesuaikan dengan sekolah per kabupaten/kota. Maka disusun dulu hingga baru bisa diserahkan sore ini (kemarin, red),’’ lanjutnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gaji PNS Tidak Akan Dipotong

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler