Kembali Mengenang Kobe Bryant pada Tanggal Kelahirannya

Rabu, 25 Agustus 2021 – 17:10 WIB
Kobe Bryant. Foto: diambil dari Marca

jpnn.com - Tarikh 23 Agustus merupakan momen yang sangat bersejarah bagi dunia bola basket karena bertepatan dengan tanggal kelahiran Kobe Bean Bryant.

Andai masih hidup, Kobe Bryant pasti memperingati 23 Agustus 2021 sebagai momen ulang tahunnya yang ke-43.

BACA JUGA: Keluarga Akhiri Gugatan Kecelakaan Maut yang Tewaskan Kobe Bryant

Sayangnya, pebasket andalan LA Lakers itu wafat dalam sebuah kecelakaan helikopter pada 26 Januari 2020. Dalam insiden itu, Kobe dan putrinya yang bernama Gianna Bryant tewas.

Kobe merupakan satu di antara para pebasket terbaik yang pernah bermain di kompetisi NBA. Saat berkarier di NBA, atlet berjuluk Black Mamba itu pernah mencetak 81 poin dalam satu pertandingan.

BACA JUGA: Ungkapan Mengharukan Istri Kobe Bryant

Momen langka itu terjadi pada tahun 2006 pada laga yang mempertemukan LA Lakers dengan Toronto Raptors. Pemain bernomor punggung 24 itu tampil impresif dengan mencetak 81 poin dalam laga tersebut.

Torehan itu merupakan skor tertinggi kedua sepanjang sejarah NBA. Pemegang rekornya ialah Wilt Chamberlain yang mencetak 100 poin dalam laga Philadelphia Warriors kontra New York Knicks di Hersheypark Arena, Hershey, Pennsylvania, pada 2 Maret 1962.

BACA JUGA: 6 Diet Sehat Ini Pernah Dilakukan Mendiang Kobe Bryant

Banyak pula yang membandingkan kehebatan Kobe dengan legenda bola basket Amerika Serikat lainnya, Michael Jordan.

Gaya bermain Kobe Bryant, mulai gerakan kaki, shooting, hingga hal lain di luar lapangan, sekilas mirip Jordan.

Pemain berjuluk Air Jordan itu pun menghadiri pemakaman Kobe. Dengan rendah hati, Jordan mengaku punya kesamaan dengan Kobe, yakni hanya berkarier di LA Lakers.

Saat masuk NBA pada 1996, Kobe langsung menjadi bagian skuad Lakers. Meski kurang gemilang pada musim pertama, Kobe langsung bersinar pada tahun berikutnya.

Buktinya, Kobe langsung masuk NBA-All Star pada musim keduanya di NBA. Saat itu Kobe jadi pemain termuda yang bermain di NBA All-Star.

Kobe tercatat terpilih dalam jajaran NBA-All Star hingga 18 kali. Selama berkarier sebagai pebasket profesional, atlet asal Philadelphia itu berhasil mengantar LA Lakers menyabet lima gelar juara NBA.

Adapun bersama Ttimnas Amerika Serikat, Kobe memiliki dua medali emas dari Olimpiade, yakni Beijing 2008 dan London 2012.

Kobe tampak ingin menurunkan kehebatannya kepada Gianna. Kobe menempa putrinya di sebuah akademi bola basket bernama Mamba Akademi.

Kobe memamerkan kedekatannya dengan Gianna dalam sebuah film animasi berjudul Dear Basketball yang berhasil menggondol Oscar untuk kategori Best Animated Short pada ajang 90th Academy Award.

Kobe juga mementori beberapa pemain muda NBA, antara lain, Jayson Tatum, Giannis Antetokounmpo, Devin Booker, hingga Kawhi Leonard di akademi bola basket miliknya.

Istri Kobe, Vanessa Bryant, pada hari ulang tahun suaminya mengenang momen emosionalnya dengan atlet yang dikenal sebagai filantrop itu.

Wanita berusia 39 tahun itu menyebut Kobe adalah cinta abadinya. Vanessa mengunggah foto dirinya bersama Kobe yang dijepret usai Lakers menyabet  gelar juara NBA pada 2000.

“Selamat ulang tahun, Papi. Aku mencintaimu selamanya. Cinta abadi," tulis Vanessa di akunnya di Instagram.

Saat meninggal, Kobe  meninggalkan tiga orang anak, yakni Natalia yang berusia 18 tahun, Bianka (4), dan Capri yang baru berusia 2 tahun.

Selamat ulang tahun, Kobe Bryant. Semoga tenang di sana bersama Gianna. (nba/mcr16/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aturan Unik NBA All Star 2020 Untuk Kobe Bryant


Redaktur : Antoni
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kobe Bryant   NBA   LA Lakers   Kobe  

Terpopuler