Kemendikbudristek Tetapkan Sambas & Bengkayang sebagai Lokasi KKN Kebangsaan 2023

Sabtu, 22 Juli 2023 – 23:13 WIB
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam menjelaskan bahwa KKN Kebangsaan hadir untuk membangun persahabatan dan persaudaraan nusantara. Foto Humas Diktiristek Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 951 mahasiswa dari penjuru nusantara hadir menyemarakkan pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XI di Stadion Universitas Tanjungpura.

Para mahasiswa ini merupakan peserta KKN Kebangsaan XI yang akan diterjukan ke desa-desa yang menjadi sasaran kegiatan di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

BACA JUGA: 49 SMK & Perguruan Tinggi Vokasi Jadi Mitra Erajaya Group, Ini Harapan Kemendikbudristek 

Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam menjelaskan bahwa KKN Kebangsaan hadir untuk membangun persahabatan dan persaudaraan nusantara.

Selain itu, KKN Kebangsaan merupakan salah satu wahana bagi perguruan tinggi untuk bersama-sama mewujudkan tridarma perguruan tinggi melalui tindakan nyata bersama-sama membangun masyarakat.

BACA JUGA: Kemendikbudristek Tunda Pengumuman Hasil Seleksi PPG 2023 Dalam Jabatan, Guru Honorer Kecewa

Lebih lanjut, Nizam berpesan bahwa mahasiswa perlu membekali diri dengan ilmu-ilmu kehidupan. Ilmu ini diperoleh dengan interaksi langsung dengan berbagai kalangan masyarakat.

“Ilmu kehidupan didapatkan justru dari kampus kehidupan, dari petani, masyarakat di desa, buruh, kuli dan para pekerja lapangan. Di sanalah hadir kearifan, belajar tentang keuletan, disiplin, tanggung jawab,” tutur Nizam dalam keterangannya dikutip Sabtu (22/7).

Nizam juga berpesan kepada peserta KKN Kebangsaan untuk senantiasa membangun persahabatan, baik antarpeserta KKN maupun antara peserta KKN dengan Masyarakat. 

Selain itu, Nizam meminta supaya peserta KKN menghindari hal-hal negatif antara lain segala bentuk kekerasan baik fisik maupun seksual, intoleransi, dan penyalahgunaan narkoba.

“Jaga persahabatan dan hubungan baik dengan masyarakat. Hindari tiga dosa besar yang tidak boleh ada di lingkungan pendidikan tinggi. Hindari kekerasan fisik/seksual, intoleransi, dan narkoba”, pesan Nizam.

Pada kesempatan tersebut Nizam juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Kalimantan Barat yang telah menerima dengan baik para peserta KKN Kebangsaan 2023.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji optimistis KKN Kebangsaan XI memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa. Sutarmidji berpesan supaya mahasiswa terus menggali pengalaman sebagai bekal menapaki karier di masa depan.

Kalbar sangat banyak keunikan apalagi kabupaten Sambas dan Bengkayang yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Dia berharap para mahasiswa terus menggali pengalaman, merekam semua yang di dapat sebagai bekal dalam menapaki karier ke depan.

Tahun ini, KKN Kebangsaan mengangkat tema “Meneguhkan Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Menjaga Keutuhan NKRI di Wilayah Perbatasan”.

Sesuai dengan tema tersebut dipilih dua wilayah sebagai lokasi pelaksanaan KKN Kebangsaan XI, yaitu Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang yang terletak di daerah perbatasan Indonesia -Malaysia di Kalimantan Barat. KKN Kebangsaan dilaksanakan pada 20 Juli – 20 Agustus 2023 di 98 desa sasaran (48 desa di Kab. Sambas dan 50 desa di Kab. Bengkayang). (esy/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler