Kemendiknas Diminta Terlibat Sosialisasi Empat Pilar

Selasa, 14 Februari 2012 – 18:47 WIB

JAKARTA-Peneliti dari LPPM Universitas Airlangga, Surabaya, Muhammad Asfar menyarankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dilibatkan dalam program sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Saran tersebut disampaikan Muhammad Asfar dalam konfrensi pers "Hasil Studi: Diperlukan Keberlanjutan Program Pemasyarakatan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" di gedung MPR, Nusantara V, Senayan Jakarta, Selasa (14/2).

Pentingnya keterlibatan Kemendikbud dalam sosialisasi Empat Pilar, kata Muhammad Asfar, karena Kemendikbud bisa memasukan Empat Pilar ke dalam materi masa orientasi sekolah.

"Kemendikbud bisa menjadikan Empat Pilar sebagai materi dalam program orientasi sekolah yang diikuti oleh seluruh pelajar. Yang penting jaga materinya jangan sampai membosankan," kata Muhammad Asfar.

Selain itu, dia juga meminta MPR untuk memperluas sasaran program sosialisasi Empat Pilar dari yang semula kelompok strategis menjadi menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara nasional."Perluasan ini dapat dicapai dengan mengoptimalkan penggunaan media massa terutama televisi yang diakses sekitar 95 persen masyarakat Indonesia," kata dia.

Soal teknis sosialisasi Empat Pilar, lanjutnya, diperlukan penyempurnaan metode, materi dan narasumber yang terlibat dalam program."Pemanfaatan elemen seni budaya merupakan salah satu pengayaan metode pemasyarakatan yang dinilai memiliki aspek proximity (kedekatan) dengan kelompok sasaran maupun masyarakat luas," tegasnya. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Mamuju Deklarasikan BBM


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler