Kemenhub Uji Coba Final KA Bandara Soetta, Hasilnya?

Senin, 25 Desember 2017 – 22:00 WIB
Pembangunan KA Bandara Soekarno Hatta. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, TANGERANG - Direktur Jenderal Perkeretapian, Zulfikri hari ini melakukan ujicoba final untuk memastikan kesiapan dan kehandalan sarana, prasarana KA Bandara Soekarno Hatta.

"Ujicoba ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari instruksi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengingat semula KA Bandara Soekarno Hatta direncanakan beroperasi pada awal Desember 2017 lalu," ujar Zulfikri.

BACA JUGA: Proteksi Kebakaran di Bandara Soetta Diklaim Berjalan Baik

Dia menjelaskan, beberapa kali rapat koordinasi dengan unsur terkait mengenai persiapan pengoperasian KA Bandara tersebut dan telah disepakati bahwa KA Bandara Soekarno Hatta akan beroperasi secara penuh pada 2 Januari 2018.

"Ini uji coba final. Kami pastikan semua sarana, prasarana dan SDMnya siap, dapat diandalkan," ujar Zulfikri.

BACA JUGA: Menteri Rini Uji Coba KA Bandara Soetta, Hasilnya?

"Beberapa waktu lalu juga sudah dilakukan pengujian terhadap sarana, prasarana berikut fasilitas operasinya dan juga terhadap SDMnya. Sebagian besar sertifikat hasil uji sudah diterbitkan, sisanya akan diselesaikan sebelum dioperasikan secara penuh," imbuh Zulfikri.

Sejak awal Desember 2017, sarana KA Bandara telah dijalankan secara ujicoba tanpa membawa penumpang, sambil mengevaluasi dan menindaklanjuti rekomendasi hasil pengujian.

BACA JUGA: Pembangunan KA Bandara Soekarno Hatta tak Gunakan Dana APBN

Pada 24-25 Desember 2017, setelah semua rekomendasi temuan hasil ujicoba tersebut dipenuhi, maka telah dijalankan penuh sebanyak 42 KA per hari, sebagai ujicoba final dengan fokus terhadap penyesuaian jadwal perjalanan serta ketepatan waktu.

"Hasil ujicoba final yang telah disaksikan semua pihak adalah telah terpenuhinya semua kriteria yang dipersyaratkan," tandasnya.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Desember, Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler