Kemenpar Boyong 40 Dubes Ikut Famtrip Golf di Batam-Bintan

Kamis, 19 Oktober 2017 – 12:48 WIB
Palm Springs Golf & Country Club, Batam. Foto: golfscape

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam dan Bintan di Provinsi Kepulauan Riau. Kali ini, Kemenpar bekerja sama dengan KBRI Singapura menggelar Famtrip The Ambassador & Diplomatic Tour yang diikuti diplomat dari negara-negara sahabat di Singapura dan Jakarta.

Upaya promosi pariwisata Indonesia khususnya wisata golf yang diinisiasi KBRI Singapura untuk mengundang para diplomat merupakan hasil kerja sama Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar dengan Kementerian Luar Negeri. Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Profesor I Gde Pitana, Indonesia memiliki banyak lapangan golf bertaraf internasional yang tersebar di berbagai wilayah.

BACA JUGA: Kejar 2 Juta Wisatawan, Karanganyar Kembangkan Homestay

Sedangkan pemilihan Bintan dan Batam sebagai lokasi pelaksanaan karena pertimbangan lokasinya yang strategis dan memiliki beberapa lapangan golf berstandar internasional. "Kegiatan ini akan diikuti oleh 40 duta besar dan diplomat dari berbagai negara, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjalin dan mempererat hubungan kenegaraan antar negara," kata Pitana yang juga diamini Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Rizki Handayani, Selasa (17/10).

Pitana menambahkan, Famtrip The Ambassador & Diplomatic Tour selain sebagai sarana atau peluang untuk mempromosikan pariwisata Indonesia khususnya untuk wisata golf kepada pasar mancanegara, juga demi mempromosikan Bintan dan Batam sebagai destinasi wisata yang aman. "Para Duta Besar sebagai perwakilan suatu negara dapat menjadi agen dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia di negaranya masing-masing. sekaligus mempromosikan peluang investasi di kawasan Kepri," ujar Pitana.

BACA JUGA: Kemenpar Pasang Jurus WIN Way di Uni Emirat Arab

Rizki Handayani menambahkan, peserta yang mengikuti Famtrip The Ambassador & Diplomatic Tour antara lain duta besar yang berdomisili di Singapura dan duta besar yang berdomisili di Jakarta. Sementara para duta besar yang sudah mengonfirmasi diri untuk ikut serta di antaranya dari Kazakhtan, Austria, Rumania, Serbia, Ukraina, Brunei, Uzbekistan, Finlandia, Azerbaijan, Oman, Slovekia, Argentina, Brazil, Portugal, Peru, Filipina, Jerman, Rwanda, Swedia dan Timor Leste.

"Para Duta Besar nanti akan bermain golf di Bintan Lagoon Resort (Bintan Lagoon Golf Club), Turi Beach Resort, Palm Spring Golf & Country Club, dan juga mengunjungi Nongsa Digital Park. Mereka telah diundang Kemenlu dan KBRI Singapura bagi para Dubes JAGA dan SAGA members, dan tidak menutup kemungkinan juga bagi Dubes yang merupakan non-members," ungkap Rizki.

BACA JUGA: Kemenpar Gaungkan Wisata Budaya Sedekah Bumi Guar Bumi

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, Batam dan Bintan yang berada di Provinsi Kepri adalah lokasi yang paling dekat dengan Singapura. Saat ini, Singapura menjadi tempat bermukim bagi 3,5 juta Singaporean, dan 1,5 juta pekerja asing atau  yang lebih dikenal dengan sebutan ekspatriat.

Singapura dikunjungi 15,5 juta orang wisman per tahun. Artinya, setiap bulan ada 1,25 orang wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Negeri Kepala Singa itu.

“Berbagai event internasional dengan pasar orang yang ada di Singapura harus dilakukan di dua detinasi itu. Batam dan Bintan. Famtrip golf itu adalah salah satu cara untuk memperkenalkan wisata golf Indonesia ke dunia,” kata Arief.

Events, kata Arief Yahya, merupakan salah satu dari sekian banyak teknis menggaet wisman dari hub country di Selat Malaka itu. Ada sport tourism, ada musik, dan festival yang bisa mengundang mereka ke Kepri.

"Golf memang cara yang pas untuk menarik wisman sport tourism dati kota itu. Toh ke Batam-Bintan juga hanya satu jam dari Singapura," ungkap Menpar Arief Yahya.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapal Tenggelam Jadi Objek Wisata Bahari Baru di Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler