Kemenpar Kemas Pesta HUT ke-71 RI jadi Promosi Kuliner di Australia

Sabtu, 20 Agustus 2016 – 07:32 WIB
Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - PERTH - Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia tak hanya digelar di tanah air. Di Perth, Australia, acara akan digelar serangkai dengan promosi Wonderful Indonesia, Sabtu (20/8) malam.

Kemasan bertajuk Indonesia Independence Day Celebration ini sekaligus bertujuan untuk menarik minat masyarakat Negeri Kanguru untuk lebih mengenal dan berkunjung ke Tanah Air.

BACA JUGA: Patung Tanpa Busana Donald Trump Bikin Heboh Lima Kota

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, acara Indonesia Independence Day Celebration diharapkan menarik perhatian masyarakat Australia untuk berpartisipasi. "Kami akan menggelar berbagai acara yang dikemas terutama dalam bentuk pesta kuliner dengan puncaknya Gala Dinner dipadu dengan promosi budaya dan pariwisata Indonesia," kata Arief .

Dia menegaskan pentingnya mengoptimalkan promosi pariwisata di Australia sebagai salah satu negara fokus pasar utama. Dalam lima tahun terakhir, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia terus meningkat, bahkan pada 2014 mencapai 1.145.576 orang.

BACA JUGA: KEREN! Beginilah Suasana Peringatan HUT RI di Lebanon

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mencatat jumlah wisman Australia ke Indonesia pada periode Januari-Juni 2016 sudah mencapai 572.362 orang atau tumbuh 8,83 persen sebesar 525.934 orang dibandingkan tahun sebelumnya. Oleh karena itu, Kemenpar menggelar acara perayaan kemerdekaan Indonesia sekaligus promosi Wonderful Indonesia di Australia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana mengatakan Indonesia mengundang masyarakat Australia untuk turut serta menikmati dan mengeksplorasi sejarah, tari tradisional, dan kuliner Indonesia dalam acara Indonesia Independence Day Celebration.

BACA JUGA: Tiga Hal yang Membuat Panjang Umur

"Acara ini akan digelar di The Lakeview Ballroom Joondalup Resort, WA, pada Sabtu 20 Agustus 2016 mulai pukul 18.00 sampai 23.00 waktu setempat," kata Pitana.

Pitana juga menawarkan kesempatan bagi masyarakat Australia untuk mengikuti undian berhadiah tiket berkunjung ke 10 destinasi wisata paling favorit di Indonesia dengan kemudahan bebas visa kunjungan. 

Tiket masuk, kata Pitana, ditawarkan gratis untuk memasuki acara pertunjukkan dan pengunjung akan disuguhi minuman khas nusantara yakni wedang jahe ditambah penganan ringan keripik tempe. 

Pada kesempatan yang sama Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Asia Pasifik Kemenpar, Vinsensius Jemadu, mengatakan pihaknya juga menyediakan sampel kuliner Indonesia yang kaya melalui kursus masakan Indonesia dengan biaya terjangkau yang disubsidi oleh Wonderful Indonesia.

"Gala Dinner diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia bertujuan untuk menarik masyarakat Australia sehingga mau untuk berkunjung dalam acara ini sebagai bagian dari promosi dan memperkenalkan budaya, pariwisata, dan kuliner khas dari Indonesia," katanya.

Sejumlah rangkaian acara yang akan ditampilkan pada acara itu di antaranya workshop angklung, pertunjukan tari poco-poco, menikmati wedang jahe dan keripik tempe, hingga demonstrasi batik yang seluruhnya digelar di lokasi Foyer.

Sementara di The Lakeview Ballroom akan digelar live music gamelan, gala dinner, pertunjukkan sejarah kemerdekaan Indonesia, fashion show kebaya, dan live music band asal Indonesia. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Peti Jenazah Mengambang, Lalu Bergerak-gerak..


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler