Kemenpora Berburu Atlet Atletik Muda di Banyumas

Minggu, 19 November 2017 – 15:19 WIB
Pencarian bakat calon atlet cabang olahraga Atletik, di Stadion Satria, Minggu (19/11). Foto: istimewa

jpnn.com, BANYUMAS - Sebanyak 200 siswa dari 18 SMP dan 20 Guru Penjas dan pelatih Atletik Se-Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, antusias mengikuti identifikasi bakat calon atlet cabang olahraga Atletik, di Stadion Satria, Purwokerto Kabupaten Banyumas, Minggu (19/11).

Kegiatan Identifikasi Bakat Cabor Atletik ini diselenggarakan Atara Kemenpora, PB.PASI, Dinporabudpar Kab. Banyumas serta Pengkab PASI Kabupateng Banyumas.

BACA JUGA: Menpora: Borobudur Marathon Momentum Bangkitkan Wisata

Sejak Sabtu (18/11) diawali dengan Bimbingan Teknis Untuk Para Guru Penjas dan Pelatih atletik dengan Narasumber dari PB. PASI dan FIK UNJ.

Tujuannya agar para guru Penjas dan pelatih atletik tersebut mampu bertugas sebagai unstruktur untuk melaksanakan tes identifikasi bakat.

BACA JUGA: Jelang Asian Games, Pemerintah Pertegas Tupoksi KONI dan PB

Kepala Bidang Pengembangan IPTEK dan Olahraga Kemenpora, Bambang Siswanto mengatakan, tes identifikasi bakat cabang olahraga Atletik ini bertujuan untuk menemukan calon-calon atlet berbakat yang potensial, pada cabang olahraga Atletik dari Kabupaten Banyumas.

“Ini untuk mendeteksi bakat semenjak usia dini, khususnya di cabang olahraga atletik di Kabupaten Banyumas, yang berikutnya akan dibina lebih lanjut melalui klub /perkumpulan olahraga atau SKO, sehingga bisa menyokong Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD)," ujar B. Siswanto.

BACA JUGA: Ribuan Peserta Gowes Tumpah Ruah di Alun-Alun Kota Ngawi

Sedangkan DR. Ria Lumintuarso dari komisi Pelatih dan Patihan PB PASI mengatakan Identifikasi bakat (TI) sangat krusial untuk menjamin tersedianya sumber-sumber pembinaan jangka panjang.

Dengan demikian pembinaan prestasi bisa terjamin dengan adanya beberapa level pembinaan sesuai dengan tahap-tahap yang ada.

Lapis-lapis pembinaan akan menjamin prestasi jangka panjang yang permanen.

Perlu komitmen yang tinggi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan PB PASI dan semua stake holder terkait di daerah untuk menjamin proses pembinaan dapat berlangsung secara integral, sistematis dan berkelanjutan.

Bagi PB PASI hal ini merupakan peluang yang sangat besar untuk menyulam harapan ke depan, untuk bisa menyumbangkan prestasi tertinggi secara konsisten bagi Indonesia, seperti yang selama ini selalu diupayakan. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ribuan Warga Solo Ikuti Gowes Pesona Nusantara


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Atletik   Kemenpora  

Terpopuler