Kemenpora Ingin Mencetak Teknopreneur Muda Indonesia

Kamis, 04 Juli 2019 – 22:22 WIB
Setelah sukses dengan Teknopreneur Muda Pemula 2018, Kemenpora kembali menggelar kegiatan Teknopreneur Muda Pemula 2019. Foto: Kemenpora

jpnn.com, TEGAL - Setelah sukses dengan Teknopreneur Muda Pemula 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, kembali menggelar kegiatan Teknopreneur Muda Pemula 2019.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah didampingi Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda Hamka Hendra Noer, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal Suharinto membuka sekaligus menjadi narasumber kegiatan Teknopreneur Muda Pemula 2019 di PrimBiz Hotel, Tegal, Kamis (4/7) pagi.

Jika tahun lalu dilaksanakan di 4 (empat) kabupaten/kota (Batam, Klaten, Malang dan, Manado), kini lokasi pencarian para pemuda yang bergerak di bidang entrepreneur berbasis teknologi ini, diperluas menjadi 6 (enam) kabupaten/kota/provinsi yakni Tegal, Banjarmasin, Jambi, Kediri, DI. Yogyakarta, dan Denpasar.

BACA JUGA: Kemenpora Bersinergi dengan Kementerian dan Lembaga Terkait Dua Inpres Ini

BACA JUGA: Kemenpora Bersinergi dengan Kementerian dan Lembaga Terkait Dua Inpres Ini

Hal ini tentu saja untuk meningkatkan output kegiatan, dari yang sebelumnya mendapatkan 20 pemuda teknopreneur dari 4 lokasi, kini ditingkatkan menjadi 48 pemuda teknopreneur di 6 lokasi. Ajang prakualifikasi yang diikuti peserta sebanyak 180 pemuda ini akan dimulai di kabupaten Tegal pada 3-5 Juli 2019, lalu dilanjutkan di kota Banjarmasin pada 10-12 Juli 2019, Jambi pada 17-19 Juli 2019, Kediri pada 24-26 Juli 2019, DI. Yogyakarta pada 31 Juli – 2 Agustus 2019, dan diakhiri di Denpasar pada 7-9 Agustus 2019.

Dari masing-masing lokasi kegiatan akan dipilih 8 (delapan) dari 30 pengusaha muda pilihan juri. Tiga peserta terbaik dari delapan peserta terpilih akan mendapatkan Rp15,000,000/orang dari Asisten Deputi Peningkatan Kewirausahaan Pemuda, dan lima peserta terpilih lainnya akan mendapatkan Rp10,000,00/orang dari Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda.

Faisal Abdullah dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sejalan dengan program pelayanan kepemudaan yang mempunyai arah untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian.

BACA JUGA: Bidik Juara Umum, Indonesia Incar 38 Medali Emas di ASEAN Shools Games 2019

"Melalui kegiatan ini, pemuda diharapkan dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam membangun kapasitas IPTEK dalam bisnisnya di tengah-tengah komunitas pemuda di lingkungannya,” tambahnya.

Menurutnya, Tegal mempunyai potensi untuk mengembangkan umkm anak muda kita meskipun memang ada yang masih sangat dasar dan perlu pengalaman serta pelatihan-pelatihan yang banyak untuk sampai kepada hasil produk yang lebih baik lagi yang bisa dipasarkan di pasar nasional maupun internasional.

Sementara Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda Hamka Hendra Noer mengatakan kapasitas pemuda untuk menggeluti bidang Teknoprener perlu terus ditingkatkan agar menjadi pengusaha di tingkat daerah bahkan nasional.

BACA JUGA: Menpora Tinjau Pelatnas Paralympic di Solo: Ingin Pastikan Atlet dalam Kondisi Baik

“Selain memberikan dukungan kepada mereka yang memiliki prestasi dan kreativitas dalam dunia bisnis berbasis IPTEK, pelaksanaan kegiatan ini juga mensosialisasikan wacana teknoprener pemuda sebagai motor penggerak dan partisipasi aktif di kalangan pelaku usaha pemuda,” tutupnya.

Kegiatan Teknopreneur Muda Pemula merupakan ajang penjaringan dan pembinaan teknoprener muda yang memiliki keunggulan IPTEK dalam menjalankan usahanya, antara lain usaha di bidang periklanan; arsitektur; pasar seni dan barang antik; kerajinan; desain; fashion (mode); film, video, dan fotografi; permainan interaktif; musik; seni pertunjukan; penerbitan dan percetakan; teknologi informasi.

"Semoga kerja sama ini diharapkan terus berjalan dan berkelanjutan sehingga Kabupaten Tegal menjadi Kabupaten layak pemuda," harap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Suharinto.

Pada tahap akhir kegiatan, sebelum dana bantuan diberikan, delapan peserta terpilih tersebut akan mengikuti sesi mentoring (pendampingan) dan mendapatkan kunjungan lapangan ke lokasi usahanya.

Setelah itu, pendampingan lanjutan akan diberikan oleh SKPD mitra kegiatan Kemenpora di daerahnya masing-masing.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Santuni Ahli Waris Korban Tsunami Tanjung Lesung, Sesmenpora Berterima Kasih Kepada Jasa Raharja


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler