Kemensos jadi Instansi Tersibuk di Masa Pandemi COVID-19

Senin, 26 Oktober 2020 – 18:43 WIB
Mensos Juliari P. Batubara saat menyerahkan bansos kepada masyarakat. Foto; Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) menjadi instansi tertinggi dalam realisasi anggaran tahun 2020 serta penyaluran bantuan sosial di masa pendemi.

Seperti bantuan sosial yang termasuk dalam Program Jaring Pengaman Sosial: Program Sembako (BPNT), PKH, Bansos tunai, bansos beras.

BACA JUGA: Puncak Musim Hujan Diprediksi November, Kemensos Perkuat Kesiapsiagaan Bencana

Bansos tunai bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sembako non-tunai untuk menjaga daya beli masyarakat dan mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat di tengah pendemi.

Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto menilai kinerja Kemensos patut diapresiasi. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai meski mendapatkan anggaran besar tetapi kementerian di bawah kepemimpinan Juliari P. Batubara mampu mengimbanginya dengan serapan yang tinggi.

BACA JUGA: Realisasi Anggaran Tertinggi dan Tepat Sasaran, Kinerja Kemensos Dipuji DPR

“Sejauh ini dengan alokasi anggaran yang meningkat dan bahkan terbesar tetapi mampu diikuti dengan penyerapan yang baik dan juga penyalurannya tepat waktu," kata Yandri, Senin (26/10).

Apresiasi juga datang dari perkumpulan dai dan mubalig Jaringan Islam Kebangsaan (JIK). Koordinator Nasional JIK, Irfaan Sanoesi mengungkapkan Kemensos menjadi salah satu instansi tersibuk di tengah pendemi COVID-19. 

BACA JUGA: Perkuat Ketahanan Disabilitas dan Kelompok Rentan, Kemensos Luncurkan Proyek I AM SAFE

Beragam bantuan disuntikkan pemerintah melalui Kemensos untuk masyarakat miskin, rentan, dan terdampak COVID-19. Bantuan sosial ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dikatakannya, dampak COVID-19 memang dirasakan semua sektor. Banyak pemutusan hubungan kerja (PHK), juga pengangguran di mana-mana.  Untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi sebagian orang juga sulit dalam kondisi ini. 

"Nah, negara hadir di tengah kesulitan masyarakat agar mampu bertahan,” ujarnya.

Dengan anggaran Rp134,008  triliun, realisasi anggaran Kemensos mencapai Rp112,178 triliun atau 83,71 persen. Dengan realisasi tersebut, Kemensos menempati posisi tertinggi di antara K/L

Kemensos juga meraih posisi tertinggi dari lima kementerian dengan anggaran terbesar. Realisasi anggaran Kemensos juga lebih tinggi dari realisasi rata-rata anggaran nasional yang mencapai 65,90 persen.

Sedangkan dari berbagai jenis belanja yang dilakukan, terbagi menjadi Bansos dengan realisasi tertinggi sebesar 84,90 persen, belanja pegawai 70,85 persen, belanja barang 58,24 persen, dan belanja modal 37,63 persen. (esy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler