Kementan Beri Penghargaan Pada 248 Insan Pertanian Teladan

Selasa, 17 Agustus 2021 – 21:39 WIB
Tasyakuran Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8). Foto: Humas Kementan.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian memberikan sejumlah penghargaan dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Penghargaan diberikan kepada sejumlah insan pertanian termasuk pelaku utama dan usaha bidang pertanian yang dianggap teladan dan berprestasi serta mitra yang berjasa dalam membangun sektor pertanian.

BACA JUGA: Syahrul Ingatkan Pentingnya Peran Nyata Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Kategori insan pertanian yang menerima penghargaan sebagai teladan dan berprestasi di bidangnya terdiri dari petani, penyuluh pertanian ASN, penyuluh pertanian swadaya, widyaiswara, dosen, P4S, PWMP dan kelompok tani.

Di samping itu ada juga peneliti, auditor dan petugas POPT.

BACA JUGA: 6 Helikopter TNI AU Terbang Rendah di Atas RSD Wisma Atlet, Ini Tujuannya

Penghargaan diberikan Menteri Pertanian diwakili Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di Auditorium Kementan setelah mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual dari Istana Negara.

Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada para teladan.

BACA JUGA: Ibu Tua Pedagang Kopi ini Akhirnya Bisa Masuk Gedung Negara Grahadi

Pemberian penghargaan ini diyakini dapat meningkatkan motivasi dan makin memacu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian agar berkembang lebih baik lagi.

"Saya mengapresiasi pemberian penghargaan ini. Saya berharap hal ini akan memacu semangat kita untuk berbuat yang lebih baik lagi untuk memajukan sektor pertanian."

"Selain itu juga memacu setiap para pelaku utama sebagai bagian dari SDM pertanian untuk bergerak lebih baik lagi meningkatkan produksi dan produktivitas," ucap Syahrul.

Syahrul menegaskan pembangunan SDM pertanian merupakan hal pertama dan utama yang harus terus digenjot agar kualitas pembangunan pertanian nasional meningkat.

"Tentu SDM ini harus terus ditingkatkan. Tanpa SDM yang baik, mustahil sektor pertanian akan berkembang dengan baik," katanya.

Sementara itu Wakil Harvick Hasnul Qolbi mangatakan meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun Kementan tak lupa memberikan apresiasi kepada pelaku pembangunan pertanian, stakeholders dan juga mitra pertanian.

Dalam hal ini termasuk petani, penyuluh dan para pendidik yang memiliki dedikasi bagi pembangunan pertanian nasional.

"Perayaan HUT ke-76 RI ini kami jadikan sebagai momentum untuk memberi penghargaan kepada petani, penyuluh, WI, dosen dan para pelaku pembangunan pertanian lainnya yang berhasil mengakselerasi pembangunan pertanian nasional," ucap Harvick.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi, ada 248 total penghargaan yang diberikan.

“Penghargaan diberikan kepada 248 insan pertanian teladan dan berprestasi berasal dari seluruh Indonesia."

"Di antaranya termasuk 49 petani berprestasi, 27 penyuluh pertanian ASN teladan, 21 penyuluh pertanian swadaya teladan, 3 WI berprestasi, 7 P4S berprestasi, 3 dosen berprestasi, 1 PWMP berprestasi dan 3 poktan berprestasi”, ucap Dedi.

Dedi melanjutkan, salah satu hal penting pengungkit produktivitas pertanian adalah SDM.

Untuk itu, SDM perlu untuk terus ditingkatkan secara berkelanjutan agar sektor pertanian makin bergerak maju, mandiri dan modern.

"SDM menyumbang 50 persen sebagai pengungkit produktivitas. Untuk itu, jika pertanian kita ingin maju, mandiri dan modern, maka SDM merupakan kata kunci yang harus terus ditingkatkan di masa-masa mendatang," tutur dia.

Dikatakannya, penghargaan ini sebagai stimulus agar seluruh insan pertanian terpacu untuk meningkatkan kapasitas yang ada.

Dengan begitu, Dedi yakin sektor pertanian akan terus bergerak maju dan cita-cita pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan bagi seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor dapat tercapai segera.

"SDM ini adalah kunci kebangkitan pertanian nasional kita. SDM yang tangguh akan membawa sektor pertanian kita ke arah yang semakin baik dan tujuan pembangunan pertanian nasional akan tercapai," tutur Dedi.

Selain menyerahkan penghargaan, dalam momen ini juga dilangsungkan penandatanganan komitmen pimpinan Kementan dalam pengelolaan informasi publik disaksikan Ketua Komisi Informasi (KIP) Republik Indonesia.

Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan Kementan kepada yatim piatu dan fakir miskin.(*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler