Kementan Persembahkan Ekspor Bawang Merah untuk HUT RI ke-72

Kamis, 17 Agustus 2017 – 16:14 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto dok Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Hampir tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK sudah berjalan.

Menteri-menteri di jajaran kabinet terus meningkatkan performa, termasuk Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

BACA JUGA: Upah Meningkat, Kesejahteraan Petani Membaik

Di era kepemimpinan yang sudah memasuki lebih dari 1.000 hari, Menteri asal Sulawesi ini akan mempersembahkan ekspor bertepatan dengan perayaan kemerdekaan HUT RI.

“Ekspor ini kami persembahkan di hari kemerdekaan," ujar Amran setelah menjadi pembina upacara HUT Kemerdekaan RI di Lapangan Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (17/8).

BACA JUGA: Kembangkan Jagung di Wilayah Perbatasan, FAO Siap Bersinergi Dengan Kementan

Indonesia akan melakukan ekspor bawang merah dengan tujuan negara Thailand. Ekspor akan dilaksanakan dari Kabupaten Brebes dengan jumlah awal sepuluh kontainer dan akan bertambah.

“Kami ambil momentum, dan besok insya Allah kami akan ekspor bawang (merah) ke Thailand, yang biasanya kami impor dari sana, ini kebangkitan. Ekspor ini kami persembahkan di hari kemerdekaan ini," ucap Amran yang masih mengenakan Baju Bodo, Baju khas Bugis.

BACA JUGA: Upah Buruh Tani Meningkat, Kesejahteraan Petani Membaik

Bagi Amran, makna kemerdekaan memiliki arti yang harusnya mampu membawa bangsa Indonesia menuju kejayaan.

“Mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan kita bekerja tanpa pamrih merebut kemerdekaan ini. Ini kita harus ingat bagaimana gigihnya memperjuangkan negara bahkan rela berkorban demi negara tanpa pamrih, tidak ada tukin, tidak ada mobil dinas, tidak ada motor dinas, tanpa pamrih, ini yang kita harus gelorakan ke seluruh Indonesia," tutur Amran.

Dalam rangka HUT RI ke-72, pria yang selalu terlihat energik ini tidak menyia-nyiakan momentum untuk mengembalikan kejayaan Indonesia akan rempah-rempah, mengingatkan kejayaan 500 tahun lalu.

"Bawang, beras, jagung dan cabai tidak impor lagi, kami akan dorong, kami akan kembalikan kejayaan rempah-rempah Indonesia 500 tahun lalu, tahun 1500 Indonesia dikenal kaya dengan rempah-rempah, bahkan selogan pada saat itu, siapa yang menguasai rempah-rempah, itu yang menguasai dunia," tambahnya.

Dalam upacara menyambut HUT RI ke-72 dengan tema 'Indonesia Kerja Bersama', tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pertanian mempersembahkan penampilan drum band dari putra-putri Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor yang berada di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

“Kita harus gelorakan ke seluruh Indonesia, bahwa kita bekerja karena Allah, kita bekerja untuk bangsa, kita bekerja untuk merah putih," tandas Amran.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kembangkan Jagung di Lahan Marginal, FAO Siap Bersinergi Dengan Kementan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler