Kementerian Kominfo Tindak Lanjuti Arahan Presiden Antisipasi Kebocoran Data NPWP

Jumat, 27 September 2024 – 09:10 WIB
Arsip Foto - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika segera menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta mengantisipasi kebocoran data 6juta NPWP tidak terulang kembali.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menuturkan bahwa mereka telah mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan terkait kebocoran data 6juta NPWP itu sejak pertengahan September.=

BACA JUGA: Bareskrim Koordinasi dengan Sejumlah Pihak Usut Kebocoran Data NPWP

"Sesuai dengan kewenangan yang diamanatkan peraturan perundangan, Kementerian Kominfo telah mengirimkan surat permintaan klarifikasi kepada DJP Kementerian Keuangan pada tanggal 18 September 2024 terkait dengan dugaan terjadinya kebocoran data pribadi," kata Budi Arie Setiadi kepada wartawan, Kamis (26/9).

Presiden Joko Widodo memerintahkan anak buahnya yakni Kemenkeu, Kominfo dan BSSN untuk melakukan mitigasi terkait dengan kebocoran 6juta data NPWP yang diduga di dalamnya ada data sejumlah elite dan pejabat tinggi di Indonesia termasuk Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA: Data NPWP Bocor, Bareskrim Lakukan Penyelidikan

Dia menyebut bahwa saat ini proses klarifikasi masih terus dilakukan dan dilakukan proses mitigasi kebocoran 6 juta data NPWP itu berkolaborasi dengan instansi terkait.

"Di saat bersamaan, upaya mitigasi dan tindaklanjut terus dijalankan bersama dengan BSSN dan Kepolisian RI," ujar dia.

BACA JUGA: Soal Kabar Kebocoran Data NPWP, Sukamta Komisi I Merespons, Keras

Sebanyak 6 juta data NPWP diduga bocor dan diperjualbelikan di Breach Forum. NPWP milik tokoh-tokoh penting teridentifikasi dalam data tersebut.

Adapun, dugaan kebocoran data ini disampaikan langsung oleh pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto dalam postingan di sosial media X pribadinya @secgron pada Rabu (18/9). (cuy/jpnn)

 


Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Jutaan Data NPWP Diduga Bocor, Termasuk Milik Presiden Joko Widodo


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler