Kementerian PU Harus Segera Perbaiki Drainase Tol Merak

Minggu, 13 Januari 2013 – 16:41 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi V DPR yang membidangi transportasi, Saleh Husin mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan pihak penyelenggara Tol Jakarta-Merak untuk memerbaiki sistem drainase yang menjadi salah satu penyebab banjir di ruas jalan bebas hambatan dari dan menuju Sumatera itu.

Menurutnya, drainase di kawasan Tol Merak akan terus terjadi masalah jika tidak ditata secara baik.

Saleh mengatakan, banjir di tol menunjukkan adanya ketidakberesan pada sistem drainase. "Apalagi jika curah hujan tinggi," ungkap Saleh kepada wartawan, Minggu (13/1).

Sekretaris Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat di DPR itu menambahkan, cuaca ekstrim yang menyebabkan gelombang tinggi juga perlu fokus perhatian pemerintah. Sebab karena gelombang tinggi maka kapal-kapal penyeberangan tak berani beroperasi.

Akibatnya, lalu lintas kendaraan pengangkut barang antarpulau menjadi terganggung.  "Ini juga menyebabkan terjadinya antrean panjang di pelabuhan penyeberangan," katanya.

Ditambahkannya, masalah-masalah ini akhirnya memberikan dampak kerugian ekonomi negara yang besar. "Kerugian yang sangat besar karena arus distribusi barang menjadi terhambat," tegasnya.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Musim Hujan, Harga Sayuran Naik

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler