Kenaikan TDL Dongkrak Inflasi

Kamis, 18 Maret 2010 – 21:10 WIB
JAKARTA—Ketua Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia, Muhammad Chatib Basri, Kamis (18/3) di Hotel Ritz Carlton Jakarta, mengatakan bahwa inflasi di tahun 2010 bisa menembus angka 6 persenKenaikan inflasi juga dipengaruhi dengan memperhitungkan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL).

‘’Kalau kita melihat, dari dua bulan pertama tahun ini saja sudah cukup tinggi

BACA JUGA: Mandala Terima Sertifikasi Internasional

Apalagi kalau TDL naik maka kita perkirakan inflasi bisa 6 persen
Angka ini melihat juga dari pertumbuhan ekonomi yang meningkat jadi 5,5 persen

BACA JUGA: BUMN Dilarang Baranak Pinak

Tapi yang penting inflasi tidak akan sampai 7 persen,’’ katanya.

Kondisi harga minyak yang tidak menentu di pasar dunia kata Chatib juga menjadi salah satu perkiraan inflasi akan mengalami kenaikan
Untuk kenaikan ini, maka pemerintah harus bekerja ekstra keras melakukan pengelolaan kebijakan yang baik  tanpa menaikkan suku bunga yang berdampak pada masyarakat.

’Yang bisa menahan laju inflasi itu bagaimana rupiah terhadap mata uang asing

BACA JUGA: BUMN Dilarang Baranak Pinak

Kondisi inflasi tinggi kita khawatir, jadi harus jadi perhatian,’’ katanya.Chatib optimis beberapa waktu kedepan, rupiah akan semakin perkasaHal ini melihat dari dugaan peningkatan investasi ke Indonesia dari berbagai negaraDampaknya akan berpengaruh pada meningkatnya capital flow.

‘’Kondisi ini sebagai akibat terjadinya krisis di beberapa negara Eropa yang membuat mereka tidak punya pilihan selain berinvestasi di Indonesia atau beberapa negara lainnyaTapi mungkin investor tidak langsung masuk sektor riilTapi ibarat simpan uang harus yakin dulu bisa memberi keuntungan,’’katanya.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BUMN Dilarang Baranak Pinak


Redaktur : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler