Kenakan Baju Tahanan KPK, Djoko Susilo Bungkam

Kamis, 13 Desember 2012 – 15:24 WIB
JAKARTA -- Tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Simulator SIM di Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Djoko Susilo memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan mantan Kepala Korlantas Polri ini sebagai saksi terhadap mantan Wakil Kepala Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Didik Purnomo. Didik juga menjadi tersangka di kasus yang sama.

Mantan Gubernur Akademi Polisi itu datang dengan diantar mobil tahanan KPK. Ia memakai baju tahanan KPK berwarna putih. Sebelumnya saat diboyong ke tahanan KPK di Guntur, 3 Desember lalu, jenderal bintang dua itu tidak memakai baju tahanan. Padahal sesuai dengan peraturan, para tahanan harus memakai pakaian tersebut. Ini untuk menunjukkan efek jera bagi para koruptor.

Begitu tiba, Djoko juga enggan menjawab pertanyaan yang diajukan para awak media massa. Dia memilih bungkam dan langsung masuk ke dalam gedung KPK.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus tersebut. Tiga diantaranya sama dengan tersangka yang telah ditetapkan Mabes Polri saat masih menangani kasus itu. Keempat tersangka yaitu mantan Kakorlantas, Irjen Pol Djoko Susilo, Wakil Kepala  Korlantas Polri non-aktif, Brigjen Pol Didik Purnomo serta Sukotjo Bambang dari PT Inovasi Teknologi Indonesia (ITI) dan Budi Susanto dari PT Citra Mandiri Metalindo Abadi.

Kasus ini terjadi saat Korlantas Polri mengadakan Proyek simulator SIM tahun 2011 dengan anggaran senilai Rp196,8 miliar. Ditengarai terjadi penggelembungan harga menyangkut pengadaan mesin simulator. Alhasil diperkirakan negara mengalami kerugian sekitar Rp 100 miliar, berdasarkan perhitungan sementara KPK. (flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 31 Desember, Batas Akhir Usulan Penetapan NIP

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler