Kenal Pria di FB, Honorer Bandung Nyasar ke Balikpapan

Rabu, 08 Februari 2017 – 07:08 WIB
Enung Lestari (jilbab biru) saat berada di Polsek Balikpapan Utara. Terlihat satu personel polisi mencoba menghubungi keluarganya. Foto: RIDHUAN /KALTIM POST/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Enung Lestari (33), guru honorer di Bandung, Jawa Barat, menjadi korban penipuan lewat media sosial (medsos).

Seperti kena hipnotis, dia harus luntang-lantung selama tiga hari berjalan kaki dari Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara, ke Balikpapan.

BACA JUGA: Penculik Lurah Menyerahkan Diri, Itu Mobil Siapa?

Enung menceritakan, awalnya, dirinya berteman dengan seorang pria kenalannya dari Facebook.

Perkenalan berlanjut ke hubungan lewat telepon genggam. Hingga akhirnya Januari lalu dia diminta bertemu di salah satu terminal bus Leuwi Panjang, Bandung.

BACA JUGA: Si Mahasiswa Awalnya Bahagia, Eh...Berubah Cemberut

Lepas dari itu, dia mengaku hilang ingatan dan tidak ada bertemu muka dengan pelaku.

"Saat sadar saya sudah di jalan dekat kebun karet. Lihat ada anak kecil perempuan, saya ingat anak saya. Saya terus jalan kaki 3 hari 3 malam. Tiap bertemu masjid saya salat, cuci baju, kering saya pakai lagi," cerita Enung dengan raut wajah masih kebingungan saat ditemui di Polsek Balikpapan Utara, Selasa (7/2).

BACA JUGA: Pak Kades Ditangkap Polisi

Enung mengungkapkan, ketika sampai di Kilometer 4 Balikpapan Utara, dirinya ditawari tukang ojek yang melintas.

Kepada tukang ojek tersebut, Enung menceritakan kejadian yang menimpanya. Tukang ojek kemudian membawa Enung ke Polsek Balikpapan Utara dan diberi uang saku oleh tukang ojek tersebut Rp 20 ribu.

Enung menerangkan, selama dalam pengaruh hipnotis, dirinya kehilangan uang hingga Rp 12,7 juta yang disetorkan ke pelaku sebanyak empat kali.

Yakni Rp 4 juta, Rp 6 juta, kemudian Rp 2 juta dan terakhir Rp 700 ribu. Dia ingat, uang tersebut disetorkan saat berada di terminal.

"Ngakunya dia (pelaku) kerja di pelayaran dan kehilangan barang-barangnya jatuh ke laut. Dia minta uang ke saya biar bisa pulang dari Batam ke Bandung," tambah Enung.

Sementara itu, keterangan Kapolsek Balikpapan Utara AKP Sopyan, korban saat diantar tukang ojek masih dalam kondisi linglung. Oleh polisi dibantu untuk memulihkan kondisinya.

Polisi yang mencari alamat korban menemukan sebuah nomor handphone di buku saku yang dibawa korban dan berhasil menghubungi kakak korban.

"Dari keterangan keluarga, korban sudah dinyatakan hilang selama 10 hari. Lantas kami bantu proses pemulangan dan pukul 14.40 (Wita) ini (kemarin) dari Bandara Sepinggan ke Bandara Soekarno-Hatta. Di sana sudah ada keluarga yang menunggunya," ujar AKP Sopyan. (*/rdh/rsh/k8)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jahaaat! Pernah Merampok, Tusuk Wanita Hamil, Memerkosa


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler