Kenali 5 Penyebab Wajah Kusam dan Berjerawat

Minggu, 17 Januari 2021 – 20:41 WIB
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com, JAKARTA - Memiliki kulit wajah sehat dan cerah jadi dambaan semua orang. Banyak cara dilakukan agar wajah tidak kusam dan mudah berjerawat.

Meski sudah banyak skincare yang menawarkan solusi untuk masalah tersebut, Anda juga perlu melakukan perawatan rutin lainnya.

BACA JUGA: Hindari Wajah Kusam dengan 5 Langkah Mudah

Berikut hal penting yang perlu diketahui untuk mengatasi penyebab wajah kusam dan berjerawat:

1. Paparan Sinar Matahari

BACA JUGA: Atasi Kulit Wajah Kering dan Berjerawat dengan 5 Ramuan Ini

Paparan sinar matahari tidak baik untuk kesehatan wajah, sebab akan menyebabkan penuaan dan wajah menjadi gelap.

Jangan salah, paparan matahari tak hanya dari luar saja tetapi dalam ruangan pun bisa terkena.

BACA JUGA: 3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Wajah Terlihat Kusam

Pemakaian sunscreen juga wajib meskipun berada dalam ruangan. Kamu juga bisa memilih pelembab yang mengandung SPF.

2. Malas Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Orang-orang sering mengabaikan poin ini hanya karena malas. Padahal, setelah seharian penuh beraktifitas, wajah akan menempel banyak kotoran.

Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit wajah, tak terkecuali jerawat. Maka, bersihkan wajah menggunakan micellar water dan mencuci dengan facial wash dari Hade Beauty.

"Hade Beauty produk skincare yang dapat mengatasi masalah kulit kusam dan jerawat pada wajah. Mengandung komposisi dari bahan alami sehingga aman dipakai dan sudah terdaftar di BPOM," ujar Hanafi, pemilik Hade Beauty.

3. Tidak Cocok dengan Produk Skincare

Wajah kusam dan jerawat bisa muncul akibat ketidakcocokan produk skincare. Pemilihan produk perawatan wajah juga harus disesuaikan dengan tipe kulit.

Perhatikan komposisi apa saja yang tak bisa diterima oleh tipe kulitmu. Skincare Hade Beauty sendiri bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

"Selain mencerahkan dan menyembuhkan jerawat, skincare Hade Beauty memberikan efek menenangkan dan sensasi sejuk saat diaplikasikan pada wajah. Sehingga pengguna bisa merakasan rileksasi," tambah Hanafi.

4. Ponsel Kotor

Nah, poin satu ini banyak yang tidak menyadari pentingnya membersihkan ponsel. Sebab, ponsel menjadi salah satu sarang bakteri karena sering dipegang dan diletakkan di mana-mana.

Ponsel yang kotor itu akan menempel pada pipi saat menerima panggilan, akhirnya menyebabkan wajah berjerawat. Mulai sekarang, bersihkan ponsel kamu atau gunakan earphone saat menerima panggilan.

5. Penggunaan Makeup

Seperti produk skincare, pemakaian produk makeup juga cocok-cocokan. Bila tak bisa diterima oleh jenis kulit wajah, maka akan menimbulkan masalah.

Baiknya pilih produk makeup yang cocok dengan jenis kulit. Bila wajahmu terdapat jerawat, jangan lupa aplikasikan obat jerawat sebelum menggunakan makeup.

Pemilik wajah berjerawat sebaiknya pilih produk makeup yang tidak mengandung minyak dan tidak menyebabkan komedo. Langsung bersihkan segera bila riasan makeup tak lagi dibutuhkan. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler