Kenali 7 Khasiat Neem Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Kamis, 07 Maret 2019 – 22:28 WIB
Neem oil. Foto: bustle

jpnn.com - Neem oil atau minyak mimba memang masih jarang terdengar. Tetapi, minyak nabati yang dihasilkan dari buah dan biji mimba, pohon cemara yang endemik di benua India ini memiliki ragam manfaat untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut.

Di masa lalu, neem oil juga digunakan untuk mencegah cacar dan penyakit menular lainnya. Bahkan, untuk mengobati kutu dan gangguan pencernaan. Tidak heran pohon neem telah disebut sebagai 'tanaman ajaib'.

BACA JUGA: Rahasia Merawat Kulit di Usia Setengah Abad Ala Meriam Bellina

Lalu apa saja manfaatnya untuk perawatan kecantikan? Dilansir dari Well And Good, Kamis (7/3), ada 7 manfaat yang bisa didapatkan dari neem oil.

1. Menghilangkan ketombe

BACA JUGA: Duh, Ayah Ayu Ting Ting Ketagihan Perawatan Kulit

Ketombe umumnya disebabkan oleh jamur ragi malassezia. Neem oil bisa berperan sebagai anti jamur alami sehingga dapat memberantas ketombe.

Cara menggunakannya Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak mimba ke dalam shampo. Lalu shampooan seperti biasa.

BACA JUGA: Oatmeal Koloid Ternyata Berkhasiat untuk Merawat Kulit

2. Menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut

Neem oil dapat membantu menjaga agar helai rambut tetap kuat dan panjang. Tidak hanya mengurangi kekeringan dan gatal, tetapi juga untuk memberikan kelembapan sehingga rambut Anda terlihat sangat sehat.

Cara menggunakannya buatlah masker rambut di rumah. Buat pasta dengan mencampurkan 10 sdt air dengan 1 sdt minyak mimba, bubuk triphala, bubuk cendana, dan bubuk licorice. Oleskan ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air lemon hangat.

3. Mengobati kulit kering

Minyak Mimba mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kulit seperti vitamin E dan asam lemak esensial, yang bagus untuk melawan kekeringan. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa minyak ini dapat menembus jauh ke dalam kulit hingga membuat tetap lembap. Cara menggunakannya, Anda bisa menambahkan beberapa tetes ke dalam lotion sebelum menggosokkannya ke kulit.

4. Melawan munculnya keriput

Penelitian menunjukkan neem oil dapat membantu merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas. Sehingga membantu kulit Anda tetap awet muda seiring bertambahnya usia. Kandungan vitamin E-nya yang tinggi juga membantu mencegah radikal bebas yang merusak kulit Anda.

Cara menggunakannya, berikan beberapa tetes ke kulit Anda dengan campuran minyak kelapa. Lalu pijat. Pastikan untuk melakukan tes tempel terlebih dahulu untuk memastikan tidak mengiritasi kulit Anda.

5. Mengobati jerawat

Minyak mimba punya sifat antibakteri sehingga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Tidak hanya  sebagai obat sementara, tetapi juga terbukti berhasil melawannya dalam jangka panjang.

Cara menggunakannya oleskan minyak Mimba langsung ke jerawat Anda. Biarkan minyak tersebut selama semalaman agar jerawat mengering.

6. Memudarkan bekas luka

Vitamin E dalam minyak mimba juga bagus untuk membantu menyembuhkan kulit Anda terutama ketika mengenai bekas luka. Penelitian menunjukkan bahwa minyak mimba membantu mengurangi bekas luka. Cara menggunakannya oleskan minyak mimba tepat ke bekas luka.

7. Melawan jamur kaki

Neem oil berperan sebagai anti-inflamasi dan antiseptik alami, yang menjadikannya pilihan sempurna bagi mereka yang rentan terhadap adanya jamur kaki. Biasanya digunakan untuk para atlet yang sering berolahraga dan berkeringat.

Cara menggunakannya adalah menggabungkan neem oil dengan karanja oil, kemudian diusapkan pada kaki. Cara ini juga bisa sekaligus untuk pemijatan serta memberikan efek melembutkan dan menghaluskan kaki. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hindari Radang karena Eksim dengan Perawatan Ringan Ini


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler