Kepala Bapanas Bicara Soal Strategi Jaga Stabilitas Pasokan & Harga Pangan

Rabu, 09 Maret 2022 – 23:34 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional / NFA (National Food Agency) Arief Prasetyo Adi. Foto: NFA

jpnn.com, JAKARTA - Keberadaan Badan Pangan Nasional sebagai lembaga yang baru dibentuk menjadi salah satu harapan dalam mengatasi permasalahan pangan.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menilai perlunya kolaborasi dari seluruh stakeholders pangan yang ada, baik dari kementerian, lembaga, universitas dan semua asosiasi.

BACA JUGA: Diserbu Haters, Wanda Hamidah: Berharap Saya Kena Mental, Kali ini Kalian Salah Orang

“Jadi kita tidak bisa menyelesaikan masalah pangan di Indonesia tanpa ada kolaborasi semua pihak,” ujar Arief Prasetyo.

Arief menambahkan wujud konkret dalam mensejahterahkan petani adalah dengan mengajak mereka berkontribusi dalam memenuhi ketersediaan stok pangan hasil produksinya.

BACA JUGA: KAI Logistik Kini Melayani Angkutan Kalsium Karbonat

“Kita serap produk petani, hal ini tentunya akan mempengaruhi harga di tingkat petani, di hilirnya juga perlu dijaga sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Hilir pangan kita jaga antara inflasi dengan kesejahteraan petani yang perlu diseimbangkan, di sini nanti ada peran BUMN Pangan ada Holding Pangan ID FOOD beserta anak perusahaanya dan juga Perum BULOG,” seru Arief.

Arief menilai untuk membereskan semua persoalan pangan, perlu dilakukan dari dua sisi.

BACA JUGA: Wujudkan Kedaulatan Digital Indonesia, Telkom Hadirkan Leap

Pertama produsen dan di sisi lain end customer masyarakat, keduanya dipelihara dan seimbang.

Selain itu, Arief melanjutkan pentingnya konektivitas antar daerah dalam upaya menjaga keterjangkauan pangan yang merata di seluruh wilayah.

Mengenai integritas, Arief menegaskan zero tolerance for integrity yang diterapkan di seluruh insan pangan, untuk pembenahan.

“Kerja sama antar daerah menjadi penting, konektivitas antara daerah produsen dan konsumen itu juga penting karena selama ini banyak daerah yang tidak bisa hilirisasi sehingga di situlah peran kita bersama,” terang Arief.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler