Kepala BIN Pastikan Masyarakat Tak Terpinggirkan dalam Proses Pembangunan IKN

Minggu, 24 April 2022 – 16:07 WIB
Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan. Foto: Dok Humas BIN.

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyebut respons positif dan harapan warga Kalimantan Timur terhadap pembangunan IKN Nusantara menunjukkan kejernihan hati masyarakat menerima perubahan untuk kemajuan.

Kearifan lokal para pemangku adat mampu menangkap niat baik pemimpin bangsa untuk memajukan wilayah lain Indonesia yang selama ini hanya bertumpu di Jawa

BACA JUGA: IKN Nusantara Bakal Jadi New Smart City

“Pemindahan IKN bukan sekadar memindahkan ASN dan membangun gedung-gedung pemerintahan saja. Tetapi juga memindahkan pusat pertumbuhan, sekaligus lompatan untuk transformasi bangsa menuju Indonesia yang maju, adil, dan makmur,” ujar Budi dalam siaran persnya, Minggu (24/4).

Budi mengatakan salah satu prinsip yang dipegang teguh pemerintah dalam pembangunan IKN Nusantara ini adalah penghargaan atas keberagaman.

BACA JUGA: Warga Kaltim Berharap Konsep Smart Forest City IKN Nusantara Benar-Benar Dijalankan

“Masyarakat tidak akan terpinggirkan baik dalam proses pembangunan maupun saat kota Nusantara telah dihuni dan berkembang,” ujar da. 

IKN Nusantara didesain sebagai kota yang inklusif, humanis, dibangun untuk semua. Implementasinya antara lain dengan melibatkan potensi sumber daya manusia (SDM) di Kalimantan.

BACA JUGA: Moeldoko Sebut IKN Nusantara Konsep Keadilan Luar Biasa dari Jokowi

“Kampung dan dusun yang memang telah ada akan menjadi penyangga kota inti yang akan ditata menjadi smart village,” kata dia.

Mantan Wakapolri ini memastikan kebudayaan dan kearifan lokal tidak akan tergerus, tetapi direvitalisasi menjadi bagian dari jiwa IKN Nusantara.

"Ini adalah sinergi antara kearifan lama yang terbukti baik dengan nilai-nilai baru yang terbukti memberi keunggulan,” tegas Budi.

Sebab, keberhasilan pembangunan IKN Nusantara nantinya tidak diukur dari capaian fisik semata, tetapi juga dari peradaban luhur manusia di dalam dan di sekelilingnya.

"Manusia akan menjadi elemen terpenting IKN Nusantara,” tegas Budi.

Kepala Adat Besar Dayak Hamtolius Gati mengatakan kehadiran IKN Nusantara memberikan keyakinan kemajuan besar bagi Kalimantan berupa pembangunan infrastruktur perhubungan, pendidikan, pertanian, pariwisata, hingga sosial budaya.

“Gerak pembangunan tidak hanya di seputar Kabupaten Penajam Paser Utara, tapi akan meluas ke seluruh provinsi Kalimantan Timur bahkan lebih luas lagi,” ujar Hamtolius Gati. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sambangi IKN, Irwan Demokrat Beri 5 Catatan untuk Pemerintah


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler