Kepala BSKDN Minta Daerah Penuhi Pelayanan Dasar Masyarakat

Kamis, 28 September 2023 – 20:16 WIB
Kepala BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta daerah memenuhi layanan dasar masyarakat melalui inovasi. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meminta daerah memenuhi layanan dasar masyarakat melalui inovasi.

Hal itu diungkapkan saat menanggapi sejumlah inovasi unggulan dari nominator kabupaten terinovatif pada hari kedua pelaksanaan presentasi kepala daerah sebagai tahapan Innovative Government Award, Selasa (26/9).

BACA JUGA: BSKDN Kemendagri Ukur Kepemimpinan, Kepala Daerah Terbaik Akan dapat Penghargaan

Dia menyebutkan sejumlah pelayanan dasar yang perlu diperhatikan pemerintah daerah (Pemda) di antaranya pelayanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan permukiman, ketenteraman, ketertiban umum, perlindungan masyarakat, hingga pelayanan sosial.

"Saya senang sekali dengan inovasi memperbaiki lingkungan, karena berdasarkan hasil riset 70 persen pengatasan masalah stunting itu karena penyelesaian masalah sanitasi, 30 persen yang berkaitan dengan layanan kesehatan yang lain," kata Yusharto dalam keterangannya yang diterima JPNN.com, Kamis (28/9).

BACA JUGA: BSKDN Kemendagri dan UNILA Berkolaborasi Pacu Riset dan Publikasi Karya Ilmiah

Menurutnya, inovasi yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan perlu terus ditingkatkan oleh daerah.

Hal ini untuk memastikan pelayanan dasar masyarakat dapat terpenuhi dengan baik sehingga kesejahteraannya semakin terjamin.

"Ini harus terus menjadi perhatian sehingga masyarakat kita dari waktu ke waktu akan terpenuhi layanan dasar yang berkaitan dengan pemukiman dan sanitasi," lanjutnya. 

Tak hanya itu, Yusharto mengimbau daerah melibatkan berbagai pihak dalam pengembangan inovasi unggulannya agar penerapannya lebih luas dan berkelanjutan. 

Contohnya inovasi Simapres atau Sistem Seleksi Mahasiswa Berprestasi yang dimiliki oleh Kabupaten Wonogiri.

Inovasi yang digunakan untuk menjaring mahasiswa berprestasi dengan tujuan diberikan fasilitas pendidikan

Pemilihan tersebut dilakukan sesuai dengan sistem yang dimiliki Pemkab Wonogiri.

Yusharto menyarankan agar Simapres dikembangkan lebih luas untuk mendukung kinerja pemerintahan desa berupa layanan pendidikan bagi perangkat desa yang berprestasi. 

"Simapres ini apabila bisa dikembangkan ke arah sana, sangat bagus untuk meningkatkan kualitas perangkat desa umpama yang langsung membantu pemerintah kabupaten Wonogiri," ungkapnya. 

Yusharto menilai banyak inovasi dari nominator kabupaten terinovatif yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat.

Dia juga mengingatkan agar seluruh nominator kabupaten terinovatif dapat selalu termotivasi meningkatkan ekosistem di wilayahnya, sehingga lahir inovasi lainnya.

"Tentu potensi untuk perluasan inovasi ini masih luas untuk dilakukan ke depan, dan kami berharap ini akan menjadi gerbong lahirnya inovasi-inovasi berikutnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, nominator kabupaten terinovatif meliputi Kabupaten Balangan, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bantul, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blora, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Klaten, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Sampang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonogiri.(mcr8/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler