Kepercayaan Publik Menurun, Kapolri Perintahkan Anak Buahnya Lakukan Hal Ini

Kamis, 13 Januari 2022 – 04:36 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar video conference analisis dan evaluasi kepada seluruh jajaran di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan itu, Kapolri menyinggung soal penurunan kepercayaan publik terhadap Polri.

BACA JUGA: Kepercayaan Publik Merosot, Polri Merespons Begini

"Semoga ini bermanfaat bagi rekan-rekan untuk mengisi program kegiatan di 2022 ini, menjadi lebih baik dari tahun 2021," kata Sigit kepada seluruh jajarannya, Rabu (12/1).

Dalam pengarahannya, Sigit meminta kepada seluruh jajarannya untuk menatap dan menghadapi tahun 2022 dengan terus memperbaiki pelayanan publik dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Korps Bhayangkara.

BACA JUGA: Tagar Percuma Lapor Polisi Kembali Viral, Mabes Polri Respons Begini

Menurut Sigit, semangat perubahan itu sebagaimana dengan transformasi Polri yang Presisi.

"Terkait dengan posisi Polri di mata masyarakat, tingkat kepercayaan dan kepuasan, tadi sudah diukur. Dinamika yang ada, kapan kepuasan, kepercayaan publik meningkat dan kapan kepercayaan publik itu turun," beber Sigit.

BACA JUGA: Respons Kompolnas Terkait Kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Keren

Untuk terus menjaga kepercayaan publik, Kapolri menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mencegah terjadinya penyimpangan atau pelanggaran.

Sigit juga menginginkan personel kepolisian menjadi sosok yang memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Dalam evaluasi ini, Sigit menekankan kepada seluruh jajarannya untuk bekerja lebih keras lagi meningkatkan kepercayaan publik yang belakangan ini menurun.

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan turun secara langsung ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

Eks Kadiv Propam ini menekankan untuk seluruh personel kepolisian terutama di level pimpinan untuk tidak enggan dan sungkan menemui masyarakat secara langsung dengan siapapun dia tanpa memandang status sosial ataupun jabatannya.

"Terkait dengan pembinaan dan perbaikan terus dilakukan untuk meningkatkan dan mengembalikan kepercayaan masyarakat. Karena Polri betul-betul bisa hadir melaksanakan tugas pokok secara profesional,”

Pada kesempatan ini, Sigit juga mengingatkan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal menjaga dan menciptakan iklim investasi yang kondusif, aman dan damai.

Tak hanya itu, Sigit menyatakan, Polri juga harus melakukan kesiapan dan antisipasi sejak dini terkait dengan agenda nasional maupun internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia saat Pandemi Covid-19.

"Semua sudah mendengar dari rekan-rekan yang bertugas di bidang pencegahan, penegakan hukum, pemeliharaan harkamtibmas dan Polri saat ini dalam posisi menyamakan gerakan," ujar Sigit. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler