Kepri Ingin Bangun Pusat Arsip dan Dokumentasi

Jumat, 06 Januari 2012 – 00:06 WIB

JAKARTA - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) M Sani, punya keinginan untuk mendokumentasikan seluruh dokumen menyangkut sejarah perjalanan Kepri. Karenanya, Sani ingin ada gedung khusus arsip yang menyatu dengan lokasi pusat pemerintahan Kepri di Pulau Dompak.

Untuk mewujudkan idenya itu, Sani pun menyambangi kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Rabu (4/1) lalu. Di kantor ANRI, Sani berkeliling melihat berbagai fasilitas penunjang kearsipan. Sani tak hanya melihat dokumen dalam bentuk kertas, tetapi juga dokumentasi audiovisual dan diorama perjalanan sejarah bangsa.

"Kita ingin Kepri punya seperti ini. Tentunya isinya tentang arsip dan sejarah perjalanan Kepri," ujar Sani saat ditemui di sela-sela kunjungan ke ANRI.

Menurutnya, banyak dokumentasi dan arsi-arsip langka yang asalnya dari Kepri ternyata tersebar di berbagai daerah bahkan hingga mancanegara. "Malah ada yang sampai Belanda," sebutnya.

Mantan Bupati Karimun itu menambahkan, di Kepri pernah berdiri kerajaan Melayu dan menjadi asal mula Bahasa Indonesia. Karenanya, banyak dokumen-dokumen kuno yang nantinya bisa diarsipkan dan disimpan di pusat arsip Kepri.

Apakah rencana Sani membuat pusat arsip itu juga terkait lepasnya Pulau Berhala dari Kepri ke Jambi lantaran lemah dari sisi dokumen sejarah? Sani menepis anggapan itu. Menurutnya, justru dengan dokumen dan arsip yang akan ditampilkan di Pusat Arsip Kepri maka semua pihak bisa tahu dan memahami dasar klaim Kepri atas Berhala.

"Tidak terkait langsung dengan lepasnya Berhala. Tapi dengan dokumen yang nanti juga kita tampilkan, semua pihak akan tahu mengapa kita yakin Berhala itu milik Kepri," ucapnya.

Sani juga membantah jika Pusat Arsip Kepri itu hanya akan menjadi proyek mercusuar. "Belum tentu semua masyarakat kepri bisa melihat seperti yang di Arsip Nasional ini. Makanya kita bangun di Kepri, sekaligus kan bisa untuk pendidikan. Jadi ini bukan proyek mercusuarnya," ucapnya.

Sani pun berjanji untuk meloloskan idenya itu dengan menyusun anggaran pembangunan Pusat Arsip Kepri dalam APBD. "Nanti 2012 kita usulkan, jadi di APBD 2013 sudah bisa direalisasikan," pungkasnya.

Menanggapi rencana Sani itu, Kepala ANRI M. Asichin mengaku siap membantu Sani mewujudkan Pusat Arsip Kepri. "Nanti pasti kita bantu dan fasilitasi," ucap Asichin.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Versi Polri, Satu Tewas Karena Sakit


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler