Keputusan Yulia Rachman Berhijab

Rabu, 12 Juni 2013 – 05:46 WIB
PENAMPILAN Yulia Rachman menarik perhatian publik lewat hijab yang menutupi bagian atas tubuhnya. Yulia memutuskan untuk berhijab sejak bulan lalu sebelum dirinya berangkat Umroh. Sekembalinya dari ibadah tersebut, Yulia memantapkan hatinya dan komitmen agar terus berhijab.

Laporan: RIA JULIANI

KETIKA ditanya alasan dirinya berhijab, Yulia mengatakan jika itu sebagai bentuk menjaga diri. "Siapa yang bisa jaga diri kita kalau bukan diri kita sendiri. Ketika kita menutupi aurat kita, otomatis kita akan mengontrol diri kita dari segala hal," akunya belum lama ini.

Keputusan besar dalam hidupnya tersebut bukan diputuskannya seorang diri. Perempuan yang sudah merintis karir keartisannya sejak berusia 15 tahun tersebut mengatakan jika sebelumnya sudah berbicara dengan anak pertamanya, Bhian. Bhian pun tidak keberatan dengan keinginannya. "Oh, pasti ya. Bhian konsultan pribadi, anak-anak sangat support. Bilang tidak ada masalah. Pesan Bhian, pakai jilbabnya jangan seperti ibu-ibu saja soalnya bundanya rock and  roll jadi harus tetep cool," jelasnya riang.

Sedangkan ketika ditanya soal tanggapan mantan suaminya, illusionis, Demian Aditya, ibu dari 2 anak ini menjawabnya dengan ringan. "Aku tidak pernah berhubungan dengan Demian lagi, baik pribadi atau urusan anak," tegasnya.

Seperti halnya artis-artis lain yang sebelumnya sudah berhijab, kini setelah berhijab, Yulia mengaku merasakan perubahan dalam dirinya. "Setelah berhijab, Subhanallah aku merasa lebih tenang. Mungkin karena aku sudah menutup aurat aku ya, dan saat ini aku sedang jatuh cinta pada Allah," jelasnya.

Mengubah penampilannya juga tidak menjadikan Yulia takut jadi sepi tawaran kerja. "Allah yang kasih kita rezeki bukan manusia. Kita takut sama Allah, bukan manusia. Rezeki itu bukan selalu bentuk materi, nikmat itu rezeki. Nikmat sehat, bahagia dan masih banyak lagi," tandasnya.

Adanya tanggapan miring kalau para artis mudah gonta ganti penampilan, ditanggapi Yulia dengan santai. "Penilaian masyarakat tentang berhijabnya aku boleh apa saja. Aku tidak punya hak membatasi mereka beropini. Yang pasti aku sebagai muslimah berkewajiban menutup aurat aku dengan cara berhijab," ujarnya santai.

Dari sisi mode sendiri,Yulia mengatakan jika dirinya tidak mempunyai gaya tertentu dalam penampilan hijabnya. Bagi dia, keputusan berhijab bukan didasari untuk lebih menampilkan fesyen dengan penampilan barunya, tapi keputusannya berhijab lebih didorong kesadaran untuk mengikuti ajaran agama yang dianutnya. Yulia juga menolak jika hijab yang dia kenakan untuk mengurangi bagian-bagian yang ada di dalam tubuhnya.

"Aku berhijab bukan karena fashion hijab yang sedang tren atau menutupi bagian-bagian kekurangan aku. Aku berhijab karena Allah, jadi cara berhijab aku sesuai dengan syariat Islam dan mengikuti aturan-aturan-Nya bukan sesuai mode. Paling urusan warna yang perlu penyesuaian. Aku lebih suka yang warna pastel, tidak suka warna terang dan itu dikembalikan ke karakter individunya, " paparnya. (*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pintu Damai Lydia-Jamal Sudah Tertutup

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler