Kerap Dialiri Limbah, Air Jadi Putih dan Beraroma Menyengat

Jumat, 30 November 2018 – 04:03 WIB
Kali Bekasi setelah tercemar dan dipenuhi busa. Foto PojokBekasi

jpnn.com, BEKASI - Warga Kali Abang Bahagia, Kelurahan Pejuang, Medan Satria sudah resah dengan pencemaran Kali Kampung Sawah yang ada di permukiman mereka.

Salah satu warganet pada 28 November 2018 mem-posting video berdurasi 20 detik menunjukkan air kali didominasi warna putih. Diduga kuat itu merupakan limbah pabrik.

BACA JUGA: Warga Protes Sungai Bengawan Solo Tercemar

"Mana yang dikatakan bekasi indah ni salah satu yg slalu kt sepelah kan atau angap sebelah mata ni limbah pabrik yg slalu hiasi lingkungan kt tolong di perbaiki bukan di diamkan saja. Saya mewakili penduduk tempat tinggal saya di kaliabang bahagia rt 06 rw 04 pejuang medan satria bekasi. @bekasi_24_jam," tulisnya.

Perubahan warna air juga disertai dengan aroma tak sedap yang menyeruak. Warga 3 RT di RW 04 dibuat tak nyaman oleh fenomena itu.

BACA JUGA: Saluran Air di Ketintang Bau dan Berwarna Merah

Salah seorang warga setempat yang enggan menyebut namanya, mengatakan, aroma kali tersebut sangat menganggu dirinya apabila sedang tercemar limbah.

“Duh ini mah gak ada angin gak ada ujan kadang-kadang bau ajah, warna juga kadang suka berubah-rubah, dan ini terjadi udah puluhan tahun, ” ucapnya Kamis (29/11).

BACA JUGA: Ini Penyebab Kali Bekasi Kembali Berbusa

Aroma kali itu, katanya, berubah-ubah. Terkadang beraroma jengkol, beraroma bangkai dan lainnya.

“Kami juga gak tau kenapa ini kali bisa berubah-rubah warna. Kita udah komunikasi ini ke kelurahan dan kecamatan tapi hasilnya gak ada, dari pilihan tahun kita ngerasain kaya gini soalnya, ” tutupnya.(dyt/pojokbekasi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kali Bekasi Kembali Diselimuti Busa


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler