Kerja Keras agar Peserta MotoGP Tidak Berkurang

Jumat, 02 Januari 2009 – 07:01 WIB
LONDON - Keputusan Kawasaki untuk mundur dari MotoGP tampaknya sudah tidak terhadang lagiPada 29 Desember lalu, para petinggi pabrikan itu di Jepang telah menyurati semua personel tim balapnya, bahwa mereka pasti akan menarik diri dari seri balap motor paling bergengsi tersebut.

Meski demikian, bukan berarti peserta MotoGP 2009 bakal berkurang menjadi hanya 17 motor

BACA JUGA: Irene Kharisma Sukandar, Pecatur Grand Master Wanita Pertama Indonesia

Sekarang ini sedang ada upaya untuk menyelamatkan tim tersebut
Salah satu caranya, dengan menyerahkan pengelolaan tim itu sepenuhnya ke tim privateer

BACA JUGA: World Superbike Makin Ancam Popularitas MotoGP

Agar operasional aman, biayanya disubsidi oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP.

Kabar mundurnya Kawasaki ini memang cukup mendadak
Sebab, tim yang dimanajeri oleh Michael Bartholemy itu sudah melakukan uji coba untuk menyiapkan motor versi 2009

BACA JUGA: LeBron Selalu Kalah di Hari Ultah

Ketika MotoGP mengumumkan daftar peserta resmi pada 16 Desember 2008 lalu, nama John Hopkins dan Marco Melandri sebagai pembalap Kawasaki juga masih tertera.

Kemungkinan besar, keputusan itu baru dibuat pada 24 Desember 2008 laluSuratnya lantas diterima para personel tim pada 29 DesemberAlasannya jelas, karena masalah ekonomi yang memang melanda banyak pabrikan JepangPada hari itu pula Hopkins mendengarnya lewat telepon dari Bartholemy, saat bersantai di rumahnya di California, Amerika Serikat.

Meski Kawasaki disebut baru akan mengumumkan secara resmi keputusan ini pada Senin, 5 Januari nanti, baik Hopkins maupun Melandri sudah mulai sibuk mencari cara untuk menyelamatkan karir.

Hopkins mengaku baru telepon-telepon untuk mengetahui situasi"Manajer saya juga masih telepon-teleponan dengan Jepang untuk mengetahui situasi yang sebenarnyaSampai saat ini, saya masih dikontrak oleh mereka (Kawasaki, Red)Jadi saya belum tahu seperti apa rencananya nanti," tuturnya seperti dilansir Motorcycle News.

Sementara itu, Melandri sudah ditawarkan ke tim lainPembalap yang baru bercerai dengan Ducati itu benar-benar apesPada Agustus 2008 lalu, dia punya tawaran kembali ke Honda GresiniNamun akhirnya memutuskan untuk menyelamatkan karir di Kawasaki"(Di Kawasaki), Marco merasa diperlakukan seperti raja," kata Alberto Vergani, manajer Melandri, seperti dikutip Gazzetta dello Sport.

Sekarang, Vergani kembali menawarkan Melandri ke GresiniBahkan, Melandri disebut siap tampil tanpa harus dibayarMeski demikian, Gresini tampaknya sudah tak mau dengan pembalap Italia itu"Marco dan manajernya sudah membuat keputusan itu (Agustus lalu) ketika menolak tawaran saya," ungkap Fausto Gresini, bos tim tersebut.

Harapan terbesar Hopkins dan Melandri, mungkin adalah tetap bersama dalam satu timBartholemy kabarnya sedang bekerja keras menyelamatkan tim ini, dibantu oleh bos Dorna Carmelo Ezpeleta.

Kabarnya, mereka menawarkan tim ini ke Jorge Martinez, bos tim AsparDalam setahun terakhir, Aspar -tim 125 cc-- memang berusaha keras untuk naik ke kelas MotoGPBaik memakai Yamaha atau pun KawasakiSayang, upaya mereka waktu itu untuk mengamankan supply motor gagal.

Kini, ada dua motor tersedia, dengan dua pembalap handalKalau dana operasional segera didapat, dan kabarnya Dorna siap mensubsidi, bukan tidak mungkin Aspar Kawasaki menjadi kenyataan pada musim 2009 nanti.

Bagaimana pun juga, Dorna tak ingin peserta MotoGP 2009 melorotDengan Kawasaki saja mereka hanya punya 19 motorApa pun caranya, mereka akan berusaha agar jumlahnya tidak merosot ke 17 motor(aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kawasaki Terancam Mundur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler