Kernet Speed Boat Semoga Jaya Hilang di Sungai Musi, Basarnas Palembang Terjunkan Personel

Senin, 08 Juli 2024 – 22:15 WIB
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian terhadap korban di Sungai Musi. Foto: Humas Basarnas Palembang for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Zamani (34) yang berprofesi sebagai kernet speed boat Semoga Jaya diduga hilang di perairan Sungai Musi atau tepatnya di sekitaran Mariana, Kecamatan Banyuasin I, Sabtu (6/07) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kepala Kantor SAR Raymond Konstantin menjelaskan bahwa kejadian berawal saat Speed boat 400 Pk dengan nama Semoga Jaya yang dinahkodai oleh Ansori berangkat dari Dermaga Tugu Belido BKB Palembang tujuan PT OKI Pulp Sei Baung dengan membawa 20 orang penumpang dan 1 orang kernet atas nama Zamani.

BACA JUGA: Terungkap, Mayat di Sungai Musi Adalah Korban Pembunuhan

Setelah sekitar 30 menit perjalanan atau sekitar pukul 16.00 WIB, Ansori berlabuh di rumah rakit di daerah Mariana, Kecamata Banyuasin I untuk membeli BBM speed boat.

Saat membeli BBM, Ansori mencari kernetnya Zamani. Namun, setelah dicari diseluruh bagian speed boat Zamani tak kunjung ditemukan dan diduga kuat korban terjatuh ke sungai saat dalam perjalanan.

BACA JUGA: Mayat Laki-Laki Tanpa Identitas Mengambang di Perairan Sungai Musi, Kakinya Diikat Rantai Besi

"Saat ini saya sudah memerintahkan satu tim rescue dan satu tim ABK KN SAR Setyaki lengkap dengan membawa peralatan SAR air menuju lokasi kejadian guna melakukan pencarian terhadap korban," jelas Raymond, Senin (8/7/2024).

"Pencarian sudah kita lakukan sejak kemarin siang bersama dengan potensi SAR seperti TNI AL, Polairud Polda Sumsel, KPLP,  Pihak Speed Boat dan masyarakat," tambah Raymond.

BACA JUGA: Diduga Tergelincir di Sungai, Hanafia Tenggelam di Sungai Musi

Adapun metode pencarian dilakukan dengan membagi Tim SAR gabungan menjadi dua SRU.

"SRU  pertama melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air menggunakan perahu karet dan perahu masyarakat dengan luas area pencarian 3 NM² ke arah timur," ungkap Raymond.

Sementara, SRU kedua jika dimungkinkan akan melakukan pencarian menggunakan kapal RIB dengan luas area pencarian hingga radius 11 NM² ke arah timur laut serta melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat disepanjang pesisir Sungai Musi.

"Semoga dengan berbagai upaya yang kami lakukan ini, korban dapat segera ditemukan," pungkas Raymond. (mcr35/jpnn) 


Redaktur : Natalia
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler