Kesan Gubernur Isran Ketika Menemani Jokowi Berkemah di IKN Nusantara

Rabu, 16 Maret 2022 – 03:05 WIB
Suasana saat Presiden Jokowi berkemah di titik nol IKN Nusantara, PPU, Kaltim bersama para pejabat pada Senin (15/3/2022) malam. Foto: Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

jpnn.com, SAMARINDA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menunaikan keinginannya berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur pada Senin (14/3) malam hingga Selasa (15/3) pagi.

Saat menginap di atas lokasi pembangunan Istana Negara, Jokowi ditemani Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dan Wakilnya, Dhony Raharjo. 

BACA JUGA: Simak, Pengalaman Isran Noor Berkemah Bersama Presiden Jokowi

Kemudian Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Bappenas Suharso, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi Bahlil Lahadahlia.

Gubernur Isran membagikan kisah ketika berkemah semalam bersama presiden. Bagi orang nomor satu di Kaltim tersebut, agenda kemah malam itu menjadi sangat berkesan.

BACA JUGA: Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara, Bagaimana Prakiraan Cuaca Malam Ini?

"Karena suasananya, cuacanya cerah, kami bisa melihat bintang-bintang bertaburan. Bulannya, menjelang purnama," ucap Isran Noor melalui rilis Pemprov Kaltim yang diterima JPNN.com Selasa malam. 

Mantan Bupati Kutim itu bercerita, para pejabat lainnya ikut keluar dari tenda. Mereka berkumpul di bawah tenda besar beralaskan terpal dan karpet sederhana. Obrolan santai kala itu berlangsung hingga larut malam.

BACA JUGA: Bamsoet Bareng Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara

"Tadi malam sampai jam 12 baru selesai ngobrolnya," ungkap Isran.

Disinggung mengenai hal apa saja yang dibicarakan mereka saat malam itu, Isran hanya menjawab. "Namanya ngobrol, ya macam-macam," kata Isran sambil tertawa.

Isran menegaskan, kalau semua yang mereka bicarakan hal yang baik-baik saja. "Bagus, bagus. Semuanya bagus," tutup Isran.

Suasana malam kemah Jokowi bersama para pejabat di titik nol IKN Nusantara itu terekam dalam video yang dirilis Biro Pers Sekretariat Kepresidenan. 

Sebagaimana dari keterangan tertulis yang diterima JPNN.com. Senin malam, cauca di sekitar wilayah IKN Nusantara memang cerah. Udaranya sejuk seusai siang, matahari begitu teriknya. 

Seusai menghadiri sejumlah kegiatan, presiden berganti pakaian. Mantan Wali Kota Solo itu tampak mengenakan sarung dengan atasan jaket merah bermotif G20. 

Jokowi baru keluar dari tenda tempatnya bermalam sekitar pukul 22.15 WITA. Setelahnya mendatangi tenda Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang berada tidak jauh dari tempatnya tidur malam itu. 

Jokowi mengajak pria yang beken di sapa Bamsoet tersebut, untuk berbincang di luar tenda. "Alhamdulillah udaranya sejuk kalau malam Bapak Presiden, cuaca juga cerah jadi terlihat bulan purnama dan bintangnya," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo saat itu.

Tak berselang lama, tampak pata menteri satu persatu keluar dari tenda mereka masing-masing. Seluruh Menteri yang ikut bergabung di dalam lingkaran itu tampak sudah mengenakan pakaian santai. Namun hanya Menteri PUPR Hadimuljono saja yang masih mengenakan pakaian kerja.

“Pak Basuki malam-malam masih bekerja,” ucap Presiden yang lantas disambut tawa ringan para peserta camping itu.

Setelah asik berbincang-bincang hingga larut malam, Jokowi yang lelah dengan kegiatannya hari itu, kembali ke tendanya. Yang kemudian diikuti oleh Ketua MPR RI dan pejabat lainnya ke tenda mereka masing-masing.

Selasa pagi, Gubernur Isran mengantarkan Jokowi dan istri, beserta para rombongan pejabat lainnya ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan. Selanjutnya, Presiden Jokowi kembali terbang ke Jakarta sekitar pukul 09.00 WITA. sama(mcr14/jpnn)


Redaktur : Friederich
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler