Kesan Pertama Jajal Honda PCX Electric

Sabtu, 02 Februari 2019 – 12:16 WIB
Kegiatan test ride Honda PCX Electric di Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Honda PCX Electric akhirnya mengaspal di tanah air, namun sayang, PT Astra Honda Motor (AHM) belum menjualnya secara umum. Hanya dijalankan dengan konsep B2B (Business-to-business).

BACA JUGA: Varian Baru Honda Freed, Kawin Silang MPV Pintu Geser dengan Crossover

Tetapi tidak perlu khawatir, JPNN akan tetap memberikan ulasan terkait kesan pertama kami ketika mendapat kesempatan menjajalnya.

Eksterior
Secara tampilan, Honda PCX listrik tidak jauh berbeda dari varian PCX mesin bakar maupun hybrid. Sekilas, Anda bisa membedakannya dari aksen biru di beberapa bagian yang menjadi identitas kuat PCX Electric, termasuk emblem "electric" di bagian sayap bodi samping.

BACA JUGA: Skema Penyewaan Honda PCX Electric

BACA JUGA: Skema Penyewaan Honda PCX Electric

Selain itu, di bagian belakang ada wheel hanger yang menggantikan posisi spakbor. Jika dikupas lebih dalam ternyata PCX listrik ditopang oleh sasis dengan struktur yang berbeda pula. Wheelbase juga lebih panjang 44 mm.

BACA JUGA: AHM Rilis Honda PCX Electric, Tetapi Tidak Dijual Umum

Akselerasi
Sebagai motor listrik, tentu sensasi berkendara akan terasa berbeda. Raungan knalpot sedikit banyak memengaruhi emosional pengendara. Tentu ini dalam konteks yang berbeda.

Mulai mengurut gas, dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi cukup baik memproduksi tenaga, bisa dibilang PCX Electric cukup responsif.

Sayang kami tidak bisa mendapatkan sensasi kecepatan terbaik, karena area test ride yang sangat terbatas.

BACA JUGA: AHM Rilis Honda PCX Electric, Tetapi Tidak Dijual Umum

Handling
Terkait bermanuver, area pengetesan memang sepertinya dibuat untuk menguji poin ini lebih maksimal.

Rintangan zig-zag dan tikungan tajam cukup baik diselesaikan oleh Honda PCX Elctric. Bobot yang lebih berat 10 kg dibanding versi PCX mesin bensin maupun hybrid hampir tidak terasa.

Perbedaan sasis dengan struktur baru sangat membantu mendistribusikan bobot motor, sehingga pengendaliannya lebih mudah dan stabil. Suspensi lebih panjang menjaga efek getaran di sasis.

Kesimpulan
Dengan sajian output maksimum 5,6 hp yang didapat sejak putaran rendah dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm pada 500 rpm, Honda PCX Electric sangat pas untuk dikendarai santai, sekitar lingkungan perumahan.

Jadi jangan berpikir PCX listrik digeber untuk perjalanan jauh. Pasalnya, dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V hanya mampu menjalankan PCX Electric sejauh 69 km dalam sekali pengisian penuh, dan kecepatan rata-rata 40 kpj.

Dibekali dua sistem pengecasan, PCX Elelctric bisa dicas di listrik rumahan, jadi tidak perlu khawatir. (mg8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Catatan Penting PLN Terkait 4 Hoaks Seputar Kendaraan Listrik


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler