Ketahui Cara Mudah Mengecek Bau Mulut Sendiri

Sabtu, 18 Januari 2020 – 20:52 WIB
Bau mulut. Foto: Istock

jpnn.com - Bau mulut tentu sangat menganggu aktivitas keseharian Anda. Parahnya, terkadang bau mulut tidak disadari oleh diri sendiri.

Penyebab bau mulut ini juga dipengaruhi oleh makanan atau perilaku kita. Misalnya, makan bawang, kondisi kesehatan mulut, mulut kering, atau karena merokok.

BACA JUGA: Penyebab Bau Mulut Pada Penderita Diabetes

Bahkan dalam kondisi medisi tertentu seperti sinusitis kronik dan gagal ginjal bisa menyebabkan halitosis.

Cara mengetahui bau mulut sendiri

BACA JUGA: 7 Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Hampir semua orang pernah mengalami masalah bau mulut ini. Anda tentu bisa mengubah keadaan dengan mengecek bau mulut sendiri. Sebelumnya, ketahui dulu apakah Anda memiliki tanda-tanda berikut.

  1. mulut kering
  2. lidah berwarna putih
  3. plak gigi 
  4. lidah terasa panas
  5. ludah yang kental
  6. rasa asam dan pahit pada mulut

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, cobalah beberapa cara di bawah ini untuk mengetahui secara pasti apakah Anda memiliki bau mulut atau tidak.

BACA JUGA: 5 Cara Atasi Mulut Bau Bawang

1. Pengecapan

Cara mengetahui bau mulut ialah dengan mengecap rasa mulut sendiri. Seperti yang sudah diketahui, selalu ada hal yang memicu terjadinya bau mulut. Misalnya, makan bawang atau ikan tuna, dehidrasi, atau mulut kering.

Ketika mulut dalam kondisi kering, biasanya ludah akan lebih kental dan berbusa. Sementara sisa makanan yang tertinggal dapat menimbulkan rasa apek dalam mulut.

2. Tes aroma mulut

Cara selanjutnya untuk mengetahui bau mulut sendiri adalah dengan melakukan tes aroma. Ini cara mudah yang bisa Anda lakukan. Jilat pergelangan tangan, biarkan mengering, lalu cobalah cium aromanya.

Anda juga bisa mengecek aroma dengan melakukan flossing dan tongue scaping. Setelah menggunakan flossing atau tongue scraper, Anda bisa mencium apakah ada bau yang tak sedap ditinggalkan pada alat tersebut.

Jika ada, itu artinya Anda mengalami bau mulut tak sedap.

3. Minta bantuan teman

Cara alternatif untuk mengetahui bau mulut adalah meminta pendapat teman terdekat Anda. Tanyakan langsung kepadanya, apakah ketika Anda berbicara tercium bau mulut atau tidak.

Jangan malu untuk bertanya apakah ada lapisan putih pada permukaan lidah atau tidak.

Setidaknya, penilaian teman dapat memberikan evaluasi juga pada diri Anda. Sehingga Anda dapat melakukan langkah selanjutnya untuk menghilangkan bau mulut.(HelloSehat/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler