Ketahui Efek Samping Tak Terduga dari Minyak Zaitun untuk Kulit

Jumat, 22 Maret 2019 – 13:42 WIB
Minyak Zaitun. Foto: foodhallonline

jpnn.com - Anda pasti sudah tahu jika minyak zaitun mempunyai sejuta manfaat untuk kulit. Minyak zaitun sejatinya merupakan lemak bebas dan dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak ini bisa mengatasi iritasi pada kulit. Minyak zaitun juga bisa membantu mengobati kulit kering, bibir pecah-pecah.

Namun tidak hanya datang dengan segala manfaatnya, ternyata ada juga efek negatif yang bisa ditimbulkan minyak zaitun. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (21/3).

BACA JUGA: Cegah Iritasi Kulit dengan 5 Langkah Mudah Ini

1. Penyebab jerawat

Baca juga: Minyak Zaitun Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke

BACA JUGA: Bisa Sebabkan Iritasi kulit, Ini 4 Kesalahan Mencuci Wajah

Penggunaan yang berlebihan dari minyak zaitun bisa membahayakan kulit Anda dan meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat. Minyak zaitun itu sifatnya berat, tidak cepat menyerap ke dalam kulit Anda dan menciptakan lapisan tebal pada kulit, yang bisa menyumbat pori-pori. Jadi jika Anda sering mengoleskan minyak zaitun pada kulit Anda, maka minyak ini akan berubah menjadi permukaan perekat, yang menjebak semua kotoran, debu dan sebum ke dalamnya. Proses ini membuka jalan bagi munculnya jerawat yang tidak diinginkan.

Catatan: Jika Anda memiliki kulit berminyak, maka lebih baik bagi Anda untuk menghindari minyak zaitun sama sekali karena sifatnya yang lengket dan berminyak secara alami.

BACA JUGA: Atasi Kulit Berjerawat dengan Rutin Memakai Gentle Acne Moisturizer  

2. Bisa menyebabkan alergi

Baca juga: Ini Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Usus

Beberapa orang menunjukkan reaksi alergi akut terhadap minyak zaitun dan jika Anda salah satunya, lebih baik Anda menghindari menggunakan minyak zaitun karena minyak ini hanya akan memperburuk kondisi Anda. Minyak zaitun bisa menyebabkan alergi parah, seperti dermatitis kontak, eksim, alergi pernapasan, dan sebagainya. Mereka yang rentan terhadap alergi juga bisa menghadapi masalah ini setelah mereka mengonsumsi sesuatu yang memiliki minyak zaitun sebagai salah satu bahan dalam makanan mereka.

Catatan: Jika Anda melihat gejala yang disebutkan di sini, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

3. Menyebabkan ruam kulit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang dengan kulit berminyak harus menghindari minyak zaitun sama sekali. Kulit berminyak adalah hasil dari sekresi sebum yang tidak terkontrol.

Ketika minyak zaitun bergabung dengan kulit berminyak alami Anda, maka hal itu bisa menyebabkan iritasi parah, ruam, dan kemerahan pada kulit Anda.

4. Tidak aman untuk kulit bayi

Bayi memiliki kulit paling sensitif, dan menggunakan minyak zaitun pada mereka bisa sedikit berisiko. Ini bisa menyebabkan ruam, kemerahan dan iritasi pada kulit, terutama pada bayi baru lahir, dan kita belum tahu apakah bayi alergi terhadap minyak ini atau tidak.

5. Tidak cocok untuk kulit kering

Minyak zaitun juga bukan pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki kulit sangat kering.

Banyak penelitian telah menyimpulkan bahwa asam oleat yang terkandung dalam minyak zaitun bertanggung jawab untuk menghancurkan kemampuan pelembab alami kulit pada mereka yang memiliki kulit kering.

6. Bisa menyebabkan komedo

Dengan sifatnya yang sangat lengket dan berminyak, minyak zaitun bisa membuka jalan bagi pertumbuhan komedo di wajah Anda. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, minyak zaitun berminyak membentuk lapisan pada kulit Anda yang terperangkap dalam kotoran dan kulit mati. Hal ini, pada gilirannya, memberi jalan bagi pembentukan komedo.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Apa Perbedaan Jerawat dan Bisul?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler