Cegah Iritasi Kulit dengan 5 Langkah Mudah Ini

Rabu, 20 Maret 2019 – 11:28 WIB
ilustrasi mengobati jerawat bandel.

jpnn.com - Perubahan cuaca, polusi, dan gaya hidup tak sehat bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Gangguan kulit yang paling umum karena iritasi adalah kering, jerawat, dan merah-merah.

Biasanya, dengan perawatan kulit rutin masalah tersebut akan hilang. Tetapi tentunya membutuhkan waktu untuk mengobatinya.

BACA JUGA: Malaysia Tutup 111 Sekolah Akibat Gas Beracun

Nah, sebelum iritasi kulit menghampiri, tak ada salahnya perhatikan 5 langkah berikut. Dilansir dari Healthline, langkah tersebut dipercaya bisa mencegah gangguan pada kulit.

1. Minum air putih yang cukup

BACA JUGA: Palembang Fashion Week, Angkat Budaya Daerah jadi Tren Gaya Hidup

Minumlah cukup air putih. Air dari dalam tubuh akan melembabkan kulit dan mencegah garis-garis dehidrasi seperti kerutan. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, bisa membantu permasalahan kulit yang kering atau jerawat.

2. Konsumsi makanan sehat

BACA JUGA: India Mendominasi Daftar Kota dengan Polusi Terparah di Dunia

Hindari makanan yang bisa menyebabkan iritasi atau gangguan kulit seperti gluten, susu, dan gula secara teratur. Makanan tersebut dapat menyebabkan jerawat serta sejumlah masalah kulit lainnya. Jika ingin memperoleh kulit yang bersinar, konsumsilah makanan nabati. Misalnya pepaya yang mengandung vitamin A sehingga berpotensi  mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Kandungan vitamin E-nya juga dapat membantu menjaga penampilan kulit Anda dan kesehatan secara keseluruhan. Selain pepaya, ada juga sayur kubis yang mengandung vitamin C, lutein, karotenoid dan antioksidan. Terakhir Alpukat karena memiliki lemak baik, yang bisa membuat kulit Anda terasa lebih kenyal.

3. Tidur cukup

Tidur cukup adalah suatu keharusan, terutama jika kulit Anda tidak terlihat terbaik. Idealnya sekitar tujuh hingga sembilan jam semalam. Tubuh yang kurang tidur adalah tubuh yang stres. Tubuh yang stres akan melepaskan kortisol, yang bisa menghasilkan garis-garis halus hingga jerawat. Terlebih lagi, kulit Anda menghasilkan kolagen baru saat Anda tidur, yang dapat membantu mencegah penuaan dini.

4. Keluarkan keringat

Berkeringat melalui olahraga atau sauna akan membuat pori-pori terbuka dan mengeluarkan penumpukan zat kotor di dalamnya. Sehingga juga dapat membantu mencegah berjerawat. Berolahraga juga memiliki manfaat tambahan yaitu mengurangi stres.

5. Gunakan produk alami 

Ketika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda kering atau jerawat, gunakanlah produk-produk berbasis madu. Bahan ini sangat bagus karena tidak hanya antibakteri dan antimikroba, tetapi juga berfungsi sebagai humektan pelembab. Cobalah oleskan madu untuk masker selama 30 menit, kemudian bilas. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Cara Mudah Mencegah Kolesterol Tinggi


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler