Ketahui Efek Tidur dengan Rambut Basah

Rabu, 27 Februari 2019 – 23:28 WIB
Ilustrasi tidur saat rambut basah. Foto: pixabay

jpnn.com - Memiliki rambut sehat merupakan impian semua orang. Bagaimana tidak, organ tubuh satu ini kerap dianggap sebagai mahkota, khususnya oleh kaum hawa.

Penampilan rambut yang cantik dan berkilau mampu menggambaran kesehatan tubuh Anda. Namun, bila Anda sering tidur dengan rambut basah, ada beragam gangguan kesehatan yang mengintai.

BACA JUGA: Tata Ditemukan Tewas di Dalam Toko Miliknya

Berdasarkan pemaparan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, banyak orang menjaga kesehatan rambut dengan menjalani berbagai perawatan rambut di salon, mulai dari yang menggunakan bahan alami hingga teknologi mutakhir. Namun, ada beberapa kebiasaan yang tak disadari dapat merusak rambut.

“Tanpa disadari, banyak orang sering melakukan beberapa kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambutnya, sehingga meski sering melakukan perawatan, rambut pun bisa rusak,” kata dr. Nadia.

BACA JUGA: Tidur Siang yang Lama Bisa Mengganggu Kesehatan?

Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan orang banyak adalah tidur dengan rambut basah.

Efek negatif tidur dengan rambut basah

BACA JUGA: Alergi Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur?

Seperti dilansir dari Reader’s Digest, ternyata tidur dengan rambut basah bisa merusak rambut secara perlahan. Saat mencoba menata rambut yang dibawa tidur dalam keadaan basah esok harinya, Anda mungkin akan kesulitan dalam menatanya.

Pasalnya, Olga Gilbert, penata rambut Asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa tidur dengan rambut basah memang tidak serta-merta merusak folikel atau batang rambut. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Dijelaskan oleh Gilbert, rambut berada pada titik paling rapuh saat basah, sehingga lebih lentur dan mudah patah.

Karena itu, bila Anda membawanya tidur dalam keadaan basah, rambut akan tertekan dan kemudian rusak. Hal ini juga akan terjadi ketika rambut diikat dalam keadaan basah.

"Jika Anda menarik rambut dan mengikatnya dalam kondisi basah, rambut pun menjadi mudah patah dan akhirnya rusak," kata Gilbert.

Meski begitu, ada kalanya orang tidak cukup waktu untuk keramas dan mengeringkan rambut di pagi atau siang hari.

Itu sebabnya banyak orang yang kemudian baru bisa melakukannya sepulang kerja di malam hari atau sebelum tidur. Sehingga, tidur dengan rambut basah pun tak terhindarkan.

Nah, jika Anda terpaksa harus tidur dengan rambut basah, ada beberapa cara mudah untuk meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi. Pertama, Anda dapat mempersiapkan sarung bantal berbahan sutra atau satin untuk tidur.

Diketahui bahwa bahan tersebut memiliki permukaan lebih halus yang dapat mengurangi efek negatif pada rambut basah.

Dengan begitu, kerusakan rambut bisa diminimalkan. Selanjutnya, pastikan agar Anda tidak mengikat rambut saat basah.

Bila Anda terbiasa mengikat rambut dalam keseharian, gantilah karet gelang yang ketat dan elastis dengan ikat rambut lembut yang tidak akan menarik secara kasar. Selain itu, tetap dukung kesehatan rambut Anda dengan sejumlah perawatan.

Kondisioner hingga serum rambut adalah beberapa cara terbaik untuk mengusung kesehatan rambut. Setelah tahu betapa buruknya tidur dengan rambut basah, pastikan Anda tidak mengulang kebiasaan buruk ini lagi di lain waktu.(klikdokter)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menambah Jam Tidur, Benarkah Baik untuk Kesehatan?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler