Ketahuilah, Ada Enam Efek Samping Mengonsumsi Bawang Putih Mentah

Sabtu, 31 Agustus 2019 – 09:22 WIB
Bawang Putih. ILUSTRASI. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan untuk pengobatan. Banyak penelitian yang mengungkapkan mengenai berbagai manfaat bawang putih bagi kesehatan.

Namun, tahukah Anda dibalik manfaatnya, ada juga efek samping bawang putih?

BACA JUGA: Kementan: Angkat Eksistensi Bawang Putih Lokal

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (29/8).

1. Efek samping pada hati

BACA JUGA: 5 Jenis Makanan ini Bisa Mencegah dari Gigitan Nyamuk

Tidak perlu merenungkan pentingnya hati. Menjadi salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia. Hati bisa saja terluka oleh konsumsi bawang putih yang berlebihan.

Meskipun kaya akan antioksidan, sesuai penelitian di India, bawang putih bisa menyebabkan keracunan bagi hati jika dikonsumsi berlebihan.

BACA JUGA: Swasembada Bawang Putih Melawan Opini Mafia Pangan

BACA JUGA: Swasembada Bawang Putih Melawan Opini Mafia Pangan

Temuan serupa telah dicatat dalam laporan yang diterbitkan oleh University of Penn State - bawang putih, meskipun sebenarnya tidak beracun, namun bisa menyebabkan kerusakan hati jika dikonsumsi berlebihan.

2. Menyebabkan bau mulut yang menyengat

Ini bisa melukai kepercayaan diri seseorang. Bau mulut bisa membuat orang tidak percaya diri da bawang putih melakukan hal itu.

Sesuai satu laporan Italia, napas yang bau dan bau badan adalah dua efek samping paling umum yang terkait dengan bawang putih.

Kurangnya kebersihan pribadi bukan satu-satunya penyebab bau badan, karena konsumsi bawang putih juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Bau bawang putih telah ditemukan tertinggal di mulut lama setelah disikat.

Para ahli tertentu percaya bahwa bahan kimia dalam bawang putih yang berkontribusi pada bau mulut adalah bahan kimia yang sama yang juga memberikan manfaatnya.

Namun, bau mulut bisa memalukan - karenanya Anda mungkin perlu berpikir dua kali sebelum mengonsumsi bawang putih.

Atau lakukan tindakan pencegahan. Seperti menggunakan semprotan yang menyegarkan.

3. Mual, muntah dan mulas

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh National Cancer Institute, mengonsumsi umbi bawang putih segar atau ekstrak atau minyak bawang putih pada saat perut kosong bisa menyebabkan mual, muntah, dan mulas.

Studi observasional tertentu juga menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara oral bisa menyebabkan mulas dan mual.

Sesuai laporan yang diterbitkan oleh Harvard Medical School, bawang putih adalah salah satu makanan yang bisa menyebabkan GERD (penyakit gastroesophageal reflux).

4. Diare

Mengonsumsi bawang putih saat perut kosong juga bisa menyebabkan diare.

Laporan lain menyatakan bawang putih menjadi makanan pembentuk gas dan karenanya bisa memicu diare.

5. Memperparah pendarahan

Efek bawang putih ini telah dinyatakan dalam laporan yang diterbitkan oleh University of Maryland Medical Center, bahwa bawang putih bisa meningkatkan risiko pendarahan.

Itulah sebabnya bawan putih tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah.

Terutama jika Anda menggunakan obat pengencer darah seperti warfarin, clopidogrel, dan aspirin.

Ini benar terutama dalam kasus bawang putih segar. Penting juga untuk dicatat bahwa lebih baik untuk menghentikan konsumsi bawang putih setidaknya dua minggu sebelum operasi yang dijadwalkan - karena bisa memperpanjang perdarahan dan mengganggu tingkat tekanan darah.

6. Mungkin menyebabkan masalah lambung

Dalam sebuah penelitian di Jepang, produk bawang putih salut enterik, setelah dikonsumsi, menghasilkan kemerahan pada membran mukosa lambung.

Hasil menunjukkan bahwa kehati-hatian harus dilakukan sebelum menggunakan bawang putih dan produk terkait karena mereka mungkin memiliki efek tertentu yang tidak diinginkan pada kesehatan lambung.

Faktanya, berlawanan dengan kepercayaan umum, tidak ada bukti yang menghubungkan asupan bawang putih dengan pencegahan kanker lambung.

Satu laporan yang diterbitkan oleh University of Maryland Medical Center menyatakan bawang putih sebagai salah satu makanan yang harus dihindari untuk mengobati GERD.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Silakan Dicoba, ini 5 Obat Kolesterol dari Bahan Alami


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler