Ketua DPR: RI Konsisten Dukung Kemerdekaan Palestina

Kamis, 14 Juni 2012 – 14:58 WIB
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie mengatakan bahwa dukungan Negara Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina sudah menjadi kebijakan luar negeri Pemerintah Republik Indonesia. Sikap mendukung kemerdekaan Palestina itu, menurut Ketua DPR dilakukan Indonesia secara konsisten.

"Indonesia adalah negara yang konsisten dalam mendukung berbagai upaya agar Palestina memperoleh kemerdekaannya," kata Marzuki Alie, usai menerima kunjungan delegasi Parlemen Palestina, di gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (14/6).

Bahkan sikap mendukung kemerdekaan bagi Palestina, lanjutnya, secara resmi sudah diumumkan oleh Indonesia dalam Konferensi Asia-Afrika di Bandung yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 24 April tahun 1955.

"Bahwa dalam kenyataannya hingga kini Palestina masih belum memperoleh kemerdekaannya, maka perjuangan kemerdekaannya itu akan selalu didukung oleh Indonesia. Sampai kapan pun, Indonesia pasti melakukan itu karena konstitusi kita memerintahkan kemerdekaan adalah hak seluruh bangsa," tegasnya.

Marzuki Alie mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mengajak pimpinan dan anggota-anggota Parlemen negara-negara Islam pendukung kemerdekaan Palestina untuk memasuki wilayah Ghaza sebagai bentuk kongrit dukungan.

"Tapi upaya tersebut selalu terhambat karena tidak dapat izin dari otoritas Pemerintahan Mesir. Dengan adanya kunjungan delegasi Parlemen Palestina ini, kita akan coba lagi untuk memasuki Ghaza," ungkap politisi Partai Demokrat itu. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah RI Larang WNI Kunjungi Suriah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler