Ketua DPRD Sumbar Dinilai Lecehkan DPD RI

Jumat, 27 Januari 2012 – 16:05 WIB

JAKARTA - Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dani Anwar menyampaikan surat protes terhadap Ketua DPD Irman Gusman terkait pembatalan sepihak audiensi Komisi III DPRD Sumatera Barat (Sumbar) dengan pimpinan DPD, yang semestinya berlangsung Jumat (27/1), pukul 09.00 hingga 11.30 Wib, di gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senayan Jakarta.

"Pada tanggal 24 Januari lalu, Ketua DPRD Sumbar, Yultakhnil, kirim surat ke Ketua DPD RI untuk minta audiensi dengan pimpinan DPD. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Ketua DPD dan semestinya berlangsung tadi pagi," kata Dani Anwar, di gedung DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (27/1).

Tapi karena Ketua DPD Irman Gusman sedang berada di Lampung, lanjut Dani, tugas untuk menerima rombongan DPRD Sumbar itu didelegasikan ke pimpinan Komite I karena materi audiensi itu antara lain akan membahas Penanggulangan abrasi pantai, bencana alam di Pesisir Selatan dan Pasaman Barat, pengembangan pelabuhan Teluk Bayur serta pembangunan jalan-jalan evakuasi bencana alam.

Sekitar pukul 08.30 Wib tadi, salah seorang dari rombongan mereka menelpon staf di DPD bahwa DPRD Sumbar membatalkan rencana audiensi tersebut karena alasan lelah.

"Kemarin mereka itu mengaku sudah dengan Komisi V DPR dan rapatnya sangat panjang sehingga kami lelah jadi audiensi dengan DPD dibatalkan," kata Dani, mengutip alasan yang disampaikan rombongan DPRD Sumbar.

Menyikapi alasan pembatalan sepihak tersebut, Dani Anwar mengingatkan rombongan DPRD Sumbar bahwa DPD ini adalah salah satu Lembaga Negara yang mestinya bersama-sama dijaga wibawanya.

"Tidak boleh begitu, DPD ini adalah Lembaga Negara. Kalau cara pembatalannya mendadak dan hanya melalui salah seorang staf Sekretariat DPRD Sumbar, itu sama saja Ketua DPRD Sumbar telah melecehkan institusi DPD. Karena itu, selaku pimpinan Komite I, saya mengajukan protes kepada Ketua DPD RI. Suratnya sudah dikirim," tegas Dani Anwar.

Hubungan antar-lembaga negara inikan ada etikanya. Soal etika inilah yang kami ingatkan kepada Ketua DPD karena yang proses audiensi tersebut adalah Ketua DPD Irman Gusman, yang juga berasal dari Dapil Sumbar, imbuhnya. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilkada Aceh Mundur 7 Minggu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler