Ketua KP dan IGK Manila Pastikan Erick Thohir Penuhi Syarat Aktif 5 Tahun di Sepak Bola

Minggu, 12 Februari 2023 – 10:31 WIB
Ketua Komite Pilihan (KP) PSSI Amir Burhanudin dan IGK Manila memastikan Erick Thohir penuhi syarat aktif 5 tahun di sepak bola.. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Ketua Komite Pilihan (KP) PSSI Amir Burhanudin memastikan bahwa Erick Thohir memenuhi syarat untuk dicalonkan sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) mendatang.

Setelah diverifikasi, KP menganggap tidak ada yang perlu diragukan dengan keabsahan syarat Erick Thohir.

BACA JUGA: Gempita Suporter Sepak Bola Temui Erick Thohir di #JagainET Bali Menjelang KLB PSSI

Menurut Amir, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu telah memenuhi syarat dan sesuai dengan keputusan calon tetap Ketua Umum PSSI.

"Pak Erick memenuhi yang disyaratkan oleh Statuta PSSI," ucapnya.

BACA JUGA: Erick Thohir Bicara soal Exco PSSI dan Wasit, Pedas

Amir menyebut keaktifan Erick di dunia sepak bola memang sempat dipertanyakan dan menjadi bahan diskusi oleh beberapa pengamat.

Namun, jauh sebelum kegaduhan itu terjadi, KP ternyata telah lebih dahulu melakukan pengecekan ulang, dengan mengonfirmasi dan melakukan crosscheck kepada klub yang memberikan data-data dokumen pendukung pencalonan.

BACA JUGA: Erick Thohir Cawapres Paling Kuat Menjelang Pilpres 2024

"Keaktifannya di klub sepak bola sudah dibuktikan dokumen pendukung yang dikonfirmasi kebenarannya oleh klub anggota," tegasnya.

Amir juga memastikan, Erick tidak melanggar peraturan mengenai ketentuan aktif di sepak bola selama lima tahun sesuai dengan ayat 4 pasal 38 Statuta PSSI.

Untuk menegaskan hal itu, Erick Thohir yang selama ini dikenal menjadi bagian dari Persib Bandung, tak disangka juga pernah menjadi bagian Persija Jakarta.

Erick sudah berada di sepak bola sejak 2001 dan menjadi pengurus Persija, bersama IGK Manila serta Sutiyoso. Artinya, Erick saat mengurusi Persija pernah membawa Macan Kemayoran menjadi juara pada 2001.

Selain itu, Erick juga pernah menjadi bagian dari Persib lebih dari sembilan tahun.

Salah satu pria yang menegaskan keaktifan Erick di sepak bola Indonesia itu ialah IGK Manila. 

Dia, bahkan menyebut Erick sudah menjadi bagian sukses Persija sejak 1997. Saat itu, dirinya mulai ditunjuk menjadi Manajer Persija.

"Kebutuhan finansial banyak dibantu oleh Pak Erick, sampai akhirnya kami bisa juara pada 2001," tegasnya.

Jadi, isu keaktifan Erick Thohir selama lima tahun di sepak bola sudah terbantahkan. Sebab, Erick ternyata telah aktif lebih dari sepuluh tahun, dibuktikan dengan menjadi bagian dari kesuksesan dua klub besar di Indonesia, Persija dan Persib. (dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler