Ketua KPK Kuliahi Anak Buah Jokowi

Rabu, 28 November 2012 – 11:49 WIB
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad mengatakan bahwa hal penting yang menjadi perhatian dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah meliputi penganggaran APBD, pelayanan publik, serta pengadaan barang dan jasa.

"Ini fokus, karena sektor ini yang banyak masalah dan bersumber langsung bersinggungan dengan masyarakat," kata Abraham Samad saat menjadi pembicara dalam seminar bertajuk Pencegahan Korupsi melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengelolaan APBD di Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (28/11).

Abraham menjelaskan, korupsi adalah akar permasalahan negara ini. Mulai dari kemiskinan hingga kerusakan alam disebabkan oleh kebocoran dalam anggaran pemerintah. Oleh karena itu, ujar Abraham, upaya memerangi korupsi dibutuhkan usaha yang ekstra.

"Pendekatannya harus pas, jangan biasa saja. Korupsi ini kejahatan luar biasa supaya korupsi bisa diberantas secara masif," terangnya.

Menurut Abraham, selama ini KPK tidak hanya menyelidiki tindak pidana korupsi yang terjadi dalam pemerintahan. Tetapi juga berusaha untuk mencegah kejahatan korupsi dengan melakukan perbaikan sistem.

"KPK represif kalau nemu praktik korupsi. Setelah itu dan saat bersamaan melakukan studi di tempat itu harus dikaji mendalam. Setelah ada faktor penyebab kita lakukan perbaikan sistem," kata mantan pengacara asal Makassar tersebut.(dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Lembur Tak Dibayar, Buruh Mogok Kerja

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler