Ketua Walhi Dihajar, Polri Akan Dikepung

Rabu, 06 Februari 2013 – 05:29 WIB
JAKARTA--- Penangkapan Anwar Sadat, Ketua Walhi Sumatera Selatan oleh Polda Sumsel dilaporkan ke Mabes Polri. Anwar yang dihajar saat mendampingi demonstrasi petani  Cinta Manis, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Anwar hingga kini masih ditahan di Polda Sumsel.

Sri Suparyati dari Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KontraS) menjelaskan penangkapan sewenang"wenang, pemukulan dan kriminalisasi terhadap 26 petani dan aktivis, di depan Polda Sumatera Selatan (Sumsel) oleh personil Sabhara Polda Sumsel, pada 29 Januari 2012 merupakan tindakan kekerasan yang berulang dan sistematis.  "Wajahnya lebam karena luka-luka dipukuli polisi," katanya di Jakarta Selasa (5/02).

Anwar Sadat sedang mendampingi para petani di Ogan Ilir memperjuangkan pengembalian lahan. Tindakan represif tersebut mengakibatkan Ketua Walhi Sumsel itu mengalami luka robek dibagian kepala, dan aktivis Walhi Dede Caniago mengalami luka lebam dibagian wajah.

Menurut Sri, kasus penangkapan Anwar itu merupakan rangkaian dari peristiwa sebelumnya, yakni pada 25 Januari 2013. Saat itu, menurut hasil investigasi KontraS , aparat Polres Ogan Ilir, Kodim, Pemda Ogan Ilir, dan preman melakukan pemukulan, intimidasi, penangkapan dan penahanan terhadap warga Desa Betung, Ogan Ilir.

Hari ini, Rabu (6/02) Konsorsium Pembaruan Agraria akan mengerahkan ribuan anggotanya, terdiri dari para petani, untuk bertemu Kapolri Jenderal Timur Pradopo. "Kami mendesak Anwar dan kawan-kawan di Sumatera Selatan dibebaskan," ujar Iwan Nurdin dari Konsorsium.

Secara terpisah, Kabagpenum Mabes Polri Kombes Agus Rianto mengaku belum menerima laporan lengkap soal kejadian di Sumatera Selatan itu. "Tapi, prosedurnya jelas, kita punya Propam yang berwenang melakukanm pemeriksaan internal," katanya.

Agus mempersilahkan massa dan petani berdemo di kantornya hari ini. "Silahkan saja, kami akan menerima dengan baik. Asalkan tertib dan tidak anarkistis," kata mantan Kabidhumas Polda Papua itu.(rdl)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengaku Penasaran, Rani Temui Ahmad di Hotel

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler