Ketum Golkar Setuju Moratorium Pendaftaran Haji

Senin, 05 Maret 2012 – 12:54 WIB

JAKARTA -- Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, menegaskan, setuju dengan wacana moratorium pendaftaran ibadah haji. Menurut Ical, moratorium diperlukan untuk jeda sambil menata sistem penyelenggaraan agar lebih baik lagi.

"Saya secara pribadi setuju moratorium," kata Ical di sela-sela seminar "Membangun Sistem Penyelenggaraan Ibadah Haji yang Baik, Profesional, dan Amanah" di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/3).

Kendati demikian bekas Menkokesra itu berpesar agar calon jamaah yang berusia lanjut atau 60 tahun ke atas, harus didahulukan "Bukan karena saya lebih dari 60 tahun tapi mungkin ada yang kalau disuruh menunggu usianya sudah tidak sampai lagi," kata dia.

Ical juga menegaskan, mendukung  wacana pemisahan antara regulator dan operator serta perlunya kompetisi penyelenggara haji. Dicontohkan, di bidang komunikasi, kompetisi terbukti membuat layanan lebih baik dan biaya menjadi murah. "Bandingkan dengan listrik yang tidak ada kompetisi," ungkap dia.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Khairunisa menyatakan jamaah haji harus mendapatkan pelayanan prima, karenanya ada beberapa titik penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah terutama soal pemondokan, catering, transportasi, keamanan, kesehatan dan biaya.

"Memang pemerintah dalam penyelenggaran haji sudah baik, namun kita akan merekomendasikan kepada Kementerian Agama agar lebih baik, profesional dan amanah," kata Khairunnisa.

Menurutnya, ibadah haji merupakan hal yang mesti dijadikan perhatian oleh pemerintah. "Apalagi, Indonesia adalah negara dengan jumlah jamaah haji terbanyak," kata dia yang juga Ketua Panitia Seminar, itu. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jawa Bakal Makin Sering Kena Bencana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler