Ketum KONI Pamer Green PON Riau

Senin, 02 Mei 2011 – 21:10 WIB

QATAR -- Sekitar 150 negara anggota Internasional Olympic Commite (IOC) hadir di acara 9Th World Conference On Sport And The Environment

Konferensi organisasi olahraga seluruh dunia yang diikuti oleh sekitar 540 delegasi ini mengangkat tema utama Playing For A Greener Future

BACA JUGA: Demi Olimpiade, Kido-Hendra Tetap Tampil

Puluhan pembicara dan panelis olahraga dari penjuru dunia meramaikan konferensi hari kedua, Senin (2/4) di Hotel Sheraton, Qatar.

Delegasi Indonesia diwakili Ketua Umum KONI, Rita Subowo,yang hadir bersama dengan Ketua PB PON Riau, Syamsurizal dan anggota PB PON Riau, Surya Maulana
Selama dua hari konferensi, seluruh penyajian dari konferensi olahraga tingkat dunia ini dinilai banyak memberikan masukan bagi olahraga di Indonesia.

‘’Tapi sebenarnya, saat dunia membicarakan masalah konsep lingkungan ini, Riau sudah melakukannya lebih dulu

BACA JUGA: Barca dan Real Sama-sama Terkapar

Konsep Green PON sangat sejalan sekali dan akan menjadi konsep penyelenggaraan olahraga di event nasional,’’ kata Ketua Umum KONI, Rita Subowo kepada JPNN.

Ketua PB PON Riau, Syamsurizal mengatakan kehadiran Riau di acara konferensi olahraga tingkat dunia ini memiliki arti penting
Bukan hanya karena Riau akan menjadi tuan rumah PON XVIII tahun 2012, namun juga bermanfaat untuk konsep penyelenggaraan sebagai tuan rumah Islamic Solidarity Games (ISG) III tahun 2013.

‘’Jujur kita sangat surprise dengan tema yang diangkat pada konferensi ini

BACA JUGA: Usai Putus Cinta, Fabregas Dikaitkan Barca

Karena ketika mereka baru bicara masalah konsep, Riau sudah mengerjakannya lebih awal,’’ kata Syamsurizal.

Mantan Bupati Bengkalis inipun mencontohkan, untuk seluruh event PON XVIII 2012 mendatang, Riau telah merangkul Universitas Negeri Semarang untuk membuat konsep Green PON dalam arti yang luasTidak hanya itu, ketika merancang pembangunan venues-venues olahraga, konsep lingkungan juga menjadi salah satu dasar utama perancangan.

Kematangan Provinsi Riau menggelar agenda olahraga tingkat nasional dan internasional dengan menggunakan konsep environment (lingkungan), membuat Ketua Umum KONI, Rita Subowo ikut-ikutan ‘jualan’ Riau di tengah-tengah acara konferensi olahraga dunia.

Satu persatu rekan-rekannya sesama anggota Internasional Olympic Commite (IOC) ditemuinyaSelain berdiskusi, dua buah buku yang dibawa delegasi Indonesia berjudul ‘The Green Riau’ dan ‘Riau, Indonesia Ready For An International Sport Event’ yang menampilkan profil kesiapan Riau menggelar event nasional dan internasional laris manis di tengah acara konferensi.

Presiden Republik Hungaria, Pal Schmit bahkan memberikan apresiasi khusus saat melihat profil Green PON RiauMenurutnya, langkah Indonesia khususnya Riau membuat konsep dengan memadukan kepentingan lingkungan sangat positif dan patut ditiru oleh penyelenggara event olahraga di dunia lainnya.

‘’Konsep lingkungan ini sangat penting dan apa yang sudah dilakukan ini teruslah dijalankanJangan pernah berhenti,’’ kata Schmit yang juga menjabat sebagai Chairman IOC Commision for Sport and Environtment.

Chair IOC Commision for The Sea Games of the XXXI Olympiad Rio de Janeiro 2016, Nawal El Moutawakel, berjanji akan membaca khusus dua buku edisi khusus yang diterimanya dari delegasi Indonesia.

‘’Saya memberikan dukungan penuh bagi Riau, Indonesia menggelar Islamic Solidarity Games tahun 2013Ini salah satu event besar bagi dunia olahraga dan mudah-mudahan konsep menjaga lingkungan sudah bisa terlaksana pada event-event internasional ini,’’ kata wanita asal Maroko ini.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Milan Janjikan Scudetto di Olimpico


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler