Ketum PSSI Sebut Maarten Paes Menstabilkan Lini Pertahanan Timnas Indonesia

Sabtu, 07 September 2024 – 07:35 WIB
Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes. Foto: PSSI.org

jpnn.com - JAKARTA - Maarten Paes tampil gemilang saat Tim Nasional Indonesia menahan imbang Timnas Arab Saudi 1-1 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jumat dini hari WIB.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan keberadaan Maarten Paes di bawah mistar gawang dapat menstabilkan lini pertahanan Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Eliano Reijnders-Mees Hilgers Bakal Dinaturalisasi, Timnas Akan Makin Kuat

Erick yang mengaku sebenarnya enggan memberikan pujian kepada individu pemain, merasa harus mengutarakan apresiasi kepada Maarten Paes.

Menurut dia, penjaga gawang utama klub FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu tampil bagus saat Timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi yang berperingkat 56 FIFA. 

BACA JUGA: Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi, Shin Tae Yong Berkomentar Begini

Meski sempat membuat blunder dengan pelanggaran di dalam kotak penalti, Maarten Paes bisa menahan eksekusi lawan dari titik 12 pas.

Setelah itu, pesepak bola berumur 26 tahun tersebut mampu menghalau dua percobaan berbahaya Arab Saudi, termasuk ketika sudah berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan Feras Albrikan.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi, Jokowi: Kita Patut Berbangga

"Maarten Paes memang dibutuhkan untuk stabilitas tim, terutama ketika menghadapi lawan yang peringkatnya di sekitar 50 FIFA," ujar Erick di Jakarta, Jumat (6/9).

Erick menganggap performa Maarten gemilang, mengingat pertandingan itu merupakan debut sang kiper bersama Timnas Indonesia.

Kemudian, jalan Paes untuk dapat bergabung dengan Timnas Indonesia juga cukup panjang. Setelah dinaturalisasi pada Maret 2024, Paes mesti melewati pengadilan arbitrase FIFA supaya bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Arbitrase turut terlibat lantaran Paes diduga sempat bermain untuk timnas kelompok umur Belanda saat usianya menginjak 22 tahun.

"Saya merasa lika-liku Maarten Paes cukup panjang sampai akhirnya bisa bergabung dengan timnas," tutur Erick.

Timnas Indonesia menahan seri tuan rumah Arab Saudi dengan skor 1-1 pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jumat dini hari WIB di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah.

Indonesia melesakkan gol terlebih dahulu melalui Ragnar Oratmangoen sebelum dibalas Arab Saudi via sepakan Musab Aljuwayr.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen sementara Grup C di bawah peringkat satu Jepang (enam poin), kedua Bahrain (enam poin) dan ketiga Arab Saudi (satu poin).

Di posisi kelima dan keenam ada Australia dan China dengan nol poin.

Arab Saudi berada di atas Indonesia karena pada pertandingan kedua tim, hanya mendapatkan dua kartu kuning, sementara timnas tiga kartu kuning.

Berikutnya, Indonesia akan menghadapi Australia pada 10 September 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler