Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi, Shin Tae Yong Berkomentar Begini

Jumat, 06 September 2024 – 15:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tim Nasional Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi 1-1 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jumat dini hari WIB.

Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae Yong membeber kunci keberhasilan skuad Garuda menahan imbang Arab Saudi.

BACA JUGA: Australia Kalah Lawan Bahrain, Timnas Indonesia Dalam Bahaya

Menurut Shin, solidnya lini pertahanan timnas menjadi kunci keberhasilan skuad Garuda menahan imbang tim tuan rumah.

"Salah satu alasan kenapa performa kami baik adalah karena bahkan para penyerang kami turut bertahan dengan bagus," ujar Shin seusai pertandingan, dikutip dari keterangan PSSI di Jakarta, Jumat (6/9).

BACA JUGA: Arab Saudi Ditahan Imbang Timnas Indonesia, Roberto Mancini Menyalahkan Ini

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa dirinya sebelum laga berlangsung sudah memperingatkan anak-anak asuhnya soal permainan Arab Saudi.

Shin menyebut Timnas Indonesia perlu mengantisipasi kualitas pemain Arab Saudi dan strategi pelatih mereka Roberto Mancini.

BACA JUGA: Detik-detik Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes Melakukan Kesalahan

Shin menyebut Mancini sebagai pelatih terkenal yang berada di level dunia
dengan segudang pengalaman dan pencapaian sebagai pelatih, seperti tiga kali menjuarai Liga Italia bersama Inter Milan, satu kali menjuarai Liga Inggris bersama Manchester City, dan membawa Timnas Italia kampiun Piala Eropa 2020.

Shin pun meyakini bahwa Arab Saudi akan tampil menyerang. Dia meminta anak-anak asuhnya untuk bertahan dengan padu dan tidak memberikan ruang tembak bagi Arab Saudi di area berbahaya.

Shin pun menempatkan tiga bek tengah di belakang. Sektor itu diisi sang kapten Jay Idzes, Sandy Walsh, dan Rizky Ridho.

Kemudian, Shin memainkan dua bek sayap, yakni Calvin Verdonk dan Witan Sulaeman di sisi kiri dan kanan.

Nathan Tjoe A On menjadi pemutus serangan lawan di lini tengah bersama Ivar Jenner, mendampingi pengatur serangan Thom Haye.

Akan tetapi, ketika timnas kehilangan bola, tidak hanya pemain-pemain bertahan itu yang berupaya untuk menghentikan lawan.

Barisan penyerang, yakni Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick turut aktif bergerak ke bawah membantu rekan-rekannya.

"Penyerang kami ikut bertahan. Kami pun dapat memanfaatkan kemampuan bek sayap kami. Melihat Tim Arab Saudi dan pelatihnya, kami memang harus bersiap dan bekerja keras baik saat menyerang maupun bertahan," tutur Shin.

Dia juga mengapresiasi performa para pemainnya yang bukan hanya harus menaklukkan lawan, tetapi juga mesti beradaptasi dengan suhu yang panas.

"Performa kami bagus, begitu pula lawan. Saya senang dengan hasil imbang ini," kata dia.

Timnas Indonesia menahan seri tuan rumah Arab Saudi dengan skor 1-1 pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jumat dini hari WIB di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah.

Timnas Indonesia melesakkan gol terlebih dahulu melalui Ragnar Oratmangoen sebelum dibalas Arab Saudi via sepakan Musab Aljuwayr.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen sementara Grup C di bawah peringkat satu Jepang (enam poin), kedua Bahrain (enam poin), dan ketiga Arab Saudi (satu poin).

Arab Saudi berada di atas Indonesia karena pada pertandingan kedua tim, Arab Saudi hanya mendapatkan dua kartu kuning sementara Indonesia tiga kartu kuning.

Adapun Grup C dihuni oleh enam tim yaitu Jepang, Bahrain, Arab Saudi, Indonesia, Australia, dan China. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler