Kiai Ma'ruf Perlu Kerja Keras Membangkitkan Kepedulian Nahdiyin

Senin, 21 Januari 2019 – 22:57 WIB
KH Ma'ruf Amin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyarankan KH Ma’ruf Amin untuk total berkampanye dengan menyasar pemilih akar rumput nahdiyin. Hal ini disampaikannya menanggapi safari Ma'ruf di Banten dan Jawa Timur pekan ini.

“Kiai Ma’ruf harus memanfaatkan waktu tiga bulan ini untuk berkampanye door to door menyapa masyarakat, khususnya kalangan nahdliyin. Perlu usaha keras untuk meningkatkan kepedulian mereka, karena menurut survei, elektabilitas Jokowi - Ma’ruf lemah di Jawa Barat dan Banten,” kata Ujang saat dihubungi, Senin (21/1).

BACA JUGA: Surya Paloh: Jangan Ragu Dukung Jokowi - Maruf

Menurut Ujang, dengan dorongan Mustasyar Pengurus Besar NU itu, nahdiyin bisa bergerak memaksimalkan kampanye pemenangan. Ujang menilai, upaya itu bisa menggenjot elektabilitas Jokowi - Ma'ruf secara signifikan.

Selain pendekatan akar rumput nahdiyin, kata Ujang, Ma'ruf juga perlu mengampanyekan visi-misi, utamanya program penjaminan kesejahteraan.

BACA JUGA: GNR Banten Sosialiasikan Gerakan Mengaji Usai Salat Magrib

Seperti sempat disampaikan Ma'ruf saat debat kandidat perdana bahwa masyarakat perlu diberikan pemahaman yang tepat tentang agama tetapi mereka perlu diberi santunan.

“Kiai Ma'ruf harus melakukan pendekatan rasionalitas. Contohnya, jika mereka membutuhkan makanan, maka dalam tanda kutip, makananlah yang harus diberikan, jangan beri yang lain,” kata Ujang.

BACA JUGA: Kata Kiai Maruf soal Ulama Almakiun, Pedas Banget

Seperti diketahui, hari ini Ma’ruf Amin memulai Safari Silaturahmi ke Banten dan akan dilanjutkan ke Jawa Timur, lalu ke Kalimantan Selatan.

Pada pagi tadi, Ma’ruf menghadiri acara Istigasah Kubro di daerah Padarincang. Setelah itu, ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia itu menghadiri deklarasi dan pelantikan pengurus DPD Banten Organisasi Barisan Nusantara (Barnus) di Serang.

Hari ini juga, Ma'ruf akan menghadiri acara Halaqoh Nasional Menjaga Keutuhan NKRI di Madiun dan dilanjutkan dengan pengajian akbar di Ngawi.

Besok, mantan Rais Am PBNU itu akan melanjutkan safari ke sejumlah kabupaten di Jawa Timur, yaitu Trenggalek, Tuban, Lamongan, dan Nganjuk. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kiai Maruf Janjikan Pembangunan di Banten Lebih Masif


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler